artikel kiriman 1
Ir. Herliati. M.T.Ph.D dan Prof. Dr. Hadariah Bahron memberikan sambutan

RADARDEPOK.COM – Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya (FTI-UJ), Indonesia  dan Faculty of Mechnical Engineering, Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia mengadakan Student Colloquium. Kegiatan ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, Sabtu, 20 Februari 2021.

Acara Student Colloquium dengan Presenter dari FTI Jayabaya 13 mahasiswa dan UiTM 19 mahasiswa, acara ini dihadiri oleh 220 peserta baik dari dalam maupun luar negeri. Dalam kesempatan ini turut hadir pula tamu undangan VIP antara lain Ir. Herliati. M.T.Ph.D (Dean of FTIUJ) dan Prof. Dr. Hadariah Bahron (Assistant Vice Chancellor International UiTM), serta dan tamu VIP lainnya dari kedua negara.

Opening remarks disampaikan oleh Dekan yaitu Ir. Herliati, M.T., Ph.D dan Prof. Dr. Hadariah Bahron. Student Colloquium ini merupakan rankaian kegiatan kerjasama yang dilakukan oleh FTI Universitas Jayabaya bersama UiTM. Dalam sambutanya “Ir. Herliati, M.T., Ph.D menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas telaksananya kerjasama antara FTI Jayabaya dengan Universiti Teknologi Mara, Malaysia. Beliau berharap kerjasama ini terus terjalin dan dapat menghasilkan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya.

Prof. Dr. Hadariah Bahron dalam sambutannya bercerita bahwa ini merupakan acara yg didasarkan MOU yg telah dibuat oleh kedua belah pihak, 2 tahun yg lalu. sebelumnya telah dilaksanakan summer program di tahun 2019 namun pada tahun 2020 kegiatan summer program tidak dilaksanakan karena pandemi dan digantikan dengan webinar “ Smart Manufacturing, Innovation and Transformation”. Selanjutnya Prof. Dr. Hadariah Bahron  dalam sambutanya menyebutkan Student colloquium ini merupakan ruang untuk mengekspresikan ide dan sharing pengalaman selama pandemi.

artikel kiriman 2
Dr. Flora Elvistia Firdaus sedang memaparkan materi presentasi

Pemateri pertama Dr. Flora Elvistia Firdaus menyampaikan materi dengan tema “Challenges and Opportunities Research in Indonesia During-Post Pandemic Era”. Beliau menyampaikan di era setelah pandemi Covid-19 penelitian akan berfokus terhadap perkembangan teknologi dalam penyelesaian permasalah Covid-19 sehingga para peneliti giat dalam menemukan teknologi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ditimbulkan oleh Covid-19 dan penemuan terbaru berbasis teknologi.

artikel kiriman 3
Prof. Madya Dr. Mohd Azman Yahaya UiTM, Malaysia sedang memaparkan materi

Presentasi kedua disampaikan oleh Prof. Madya Dr. Mohd Azman Yahaya (UiTM, Malaysia) yang membawakan tema “Challenger and Opportunities Teaching Learning/Practical and Internship in Malaysia daring Covid-19 Era’. Pemateri menyampaikan tantangan yang ada dunia saat ini adapun komponen dari pembelajaran jarak jauh (online distance learning) adalah kompentensi dosen, teknologi, sistem pendukung, sistem evauasi dan kesiapan mahasiswa, selanjutnya pembicara menjelaskan tangtangan di Faculty TME, Seperti terbatasnya waktu persiapan, pemilihan alat dan methode, metode ujian.

Setelah mendengarkan pemaparan Keynote Speaker, dilanjutkan dengan parallel sessions dengan tema yang berbeda beda, peserta diberi kebabasan untuk memilih room mana yang diminati dengan tema pada masing-masng room yang berbeda. Student Colloquium dihadiri 32 pembicara dengan terdiri dari 13 mahasiswa dari FTI Universitas Jayabaya dan 19 mahasiswa dari UiTM, Malaysia.

artikel kiriman 4
Photo bersama perserta Student Colloquium Collaboration Of Faculty Of Mechanical Engineering UiTMAnd Faculty Of Industrial Technology Universitas Jayabaya

Pada akhir sesi parallel sessions acara ditutup dengan photo bersama dengan diikuti 212 peserta yang masih setia mengikuti acara sampai akhir. Semoga setelah ini kerjasama FTI Universitas Jayabaya dan UiTM Malaysia berlanjut dan menghasilkan kegiatan yang bermanfaat di era pandemi Covid-19. (Dody Guntama. ST.M.Eng)