Beranda Metropolis Lebih Dekat Conay  Atlet Katapel Depok (1) : Hobi Katapel Dari Kecil, Kini Jadi Atlet Nasional

Lebih Dekat Conay  Atlet Katapel Depok (1) : Hobi Katapel Dari Kecil, Kini Jadi Atlet Nasional

0
Lebih Dekat Conay  Atlet Katapel Depok (1) : Hobi Katapel Dari Kecil, Kini Jadi Atlet Nasional
IST BIDIK SASARAN : Satrio T. Conayo sedang berpose membidik sasaran dengan katapelnya.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mungkin generasi milenial sudah tidak lagi mengenal permainan katapel, yang dulu sangat hits di kalangan anak 90-an dan 2000-an. Tapi siapa sangka, permainan ketangkasan dengan menggunakan kayu berbetuk huruf Y hang diikat dengan karet ini, kini sudah masuk dalam kategori ajang olahraga, dan kejuaraan nasional. Salah satu atlet papan atasnya ada di Depok, dia adalah Satria T Conayo.

Laporan : Indra Abertnego Siregar

Satria T Conayo seorang atlet nasional katapel sedang bersantai di teras rumahnya, di bilangan Jalan Sawo, nomor 33, Kelurahan Pondok Cina, Beji. Di hadapanya, tersusun rapih beberapa unit ketapel berbagai ukuran yang diletakkan di atas meja.

Conay mengatakan, dia sedang bersantai sebelum memulai latihan rutin olah raga ketapel. Halamanya rumahnya cukup luas, sehingga dia kerap berlatih di sana, baik saat libur maupun sepulang kerja. “Setiap hari saya usahakan untik latihan,” kata Conay.

Dia mengatakan, olahraga ini sebenarnya sudah sejak kanak – kanak ditekuninya. Hanya saja untuk menjadi atlet profesional belum lama ini digeluti. “Dari kecil saya udah suka maen katapel, atau yang dibikang selepetan,” ucapnya pria 32 tahun ini.

Dia mengungkapkan, awalnya dia tertarik untuk serius dalam olahraga katapel ini karena melihat olahraga ini tidak sulit untuk dimainkan dan bisa dilakukan semua kalangan.

“Awal menjadi atlet katapel, karena melihat oportunity permainan ini yang bisa digeluti  semua kalangan, usia, etnis dan edukasi budaya. seiring berlatih bermain saya juga tertarik akan riset dari cara bermain, ekuipmen dan semua detail yang ada dalam permaianan katapel tersebut,” tuturnya.

Menurutnya,  ada  dua hal yang sangat krusial dalam olahraga katapel, yaitu keseimbangan fokus dan keyakinan akan mengenai target. Dua hal itu memiliki filosofi yang luas bagi Conay. Jadi, dari  dua prinsip tersebut dia rasa katapel bukan semata permainan melainkan banyak manfaat yang di dapatkan. “Seperti menambah persaudaraan atau silaturahmi, melatih percaya diri untuk mencapai target, menjadi pintu ekonomi kreatif dari membuat dan menjual katapel dari berbagai jenis-jenis material, “bebernya.(bersambung)

Editor : Fahmi Akbar