DARING : Suasana Musda ke-V DPD PAN Kota Depok yang diselenggarakan secara daring di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Kamis (18/02). FOTO : RICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke V Partai Amanat Nasional (PAN) serentak yang digelar secara vitual, Ketua Umum (Ketum) PAN, Zulkifli Hasan mengumumkan delapan nama formatur untuk menyusun pengurus.

Adapun delapan nama tersebut, yakni HM. Hasbullah Rahmad, Igun Sumarno, Lahmudin Abdullah, Azhari, Nurhasan, Fitri Hariono, Irwan Ardiansyah dan Apriyan Setiowati.

“Jadi dalam Musda ke-V, Ketum kami Pak Zulkifli Hasan mengumumkan secara virtual delapan nama formatur,” kata Ketua  Organizing Committee (OC) Musda ke-V DPD PAN Kota Depok, Rubi Hermawan kepada Radar Depok di sela Musda yang diselenggarakan di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Raya Margonda, Kecamatan Beji, Kamis (18/02).

Dari delapan nama tersebut, terdapat dua calon kuat yang akan menahkodai partai berlambang matahari terbit tersebut, yakni HM. Hasbullah Rahmad (Bang Has) yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dan Igun Sumarno petahana Ketua DPD PAN Kota Depok yang juga Anggota DPRD Kota Depok.

Bang Has mengklaim telah mendapat restu dari DPP dan memiliki asa untuk membenahi DPD PAN Kota Depok untuk menatap Pemilu 2024.

Ia menjelaskan, Musda PAN saat ini sesuai dengan AD/ART ditentukan oleh Ketum, jika DPD maka yang menentukan DPP, dan DPC maka yang menentukan DPW. Jadi, dua tingkat di atasnya.

“Kaitan dengan Musda hari ini, Ketum sudah membacakan formatur terpilih, nanti diberikan waktu dua sampai tiga minggu untuk menyusun kepengurusan secara musyawarah, ditambah dari asistensi DPP, di sini Ibu Intan (Anggota DPR RI Fraksi PAN, Intan Fauzi,” jelas Bang Has.

Bang Has berharap dalam tiga minggu kedepan sudah terbentuk kepengurusan DPD PAN Kota Depok. Ia pun berharap, jika mendapat amanah untuk memimpin PAN Depok, dirinya akan membenahi struktur partai sampai ke tingkat RT.

“Kedua, program PAN sendiri sedikit stag dan tidak kelihatan, kita harus menghidupkan kembali aktivitas kemasyarakatan dan berkolaborasi dengan Fraksi PAN DPR RI, DPRD Provinsi dan Kota Depok,” kata Bang Has.

Sebab, tidak sedikit program dari pusat yang dapat diakomodir oleh anggota fraksi, meski melalui pemerintah kota. Namun, yang memperjuangkan hal tersebut bisa melalui anggota fraksi.

“Saya pikir penting untuk kita berfikir agar PAN punya peran aktif membantu penyelenggaraan pembangunan di Kota Depok, baik melalui jaringan di DPR RI, provinsi dan kota,” katanya.

Bang Has sendiri sebagai formatur juga merupakan Anggota DPRD Provinsi Jabar, sehingga ia akan memaksimalkan dan membawa program pembangunan di Kota Depok.

“Sebab, bagi saya, Depok adalah rumah kita yang harus kita tata, jika mengandalkan walikota dan wakil walikota saja dengan APBD Kota yang ada, akan butuh waktu yang sangat lama. Saya sendiri pun ingin menaikan kembali kursi PAN di DPRD Kota Depok, menjadi delapan, saat ini kan hanya empat,” tutur Ketua DPD PAN Kota Depok dua periode tersebut.

Sebelumnya, Igun Sumarno memiliki program unggulan untuk memajukan PAN Kota Depok, salah satunya memiliki kantor sekretariat sendiri.

“Kalau saya maju, visi misi saya, yang pertama, kita kan belum punya kantor sudah 20 tahun. Jadi, saya kepingin maksimal di 2021 akhir, kita sudah punya kantor, biar tidak kemana-mana, baru kita rancang bangun pemikiran lain-lain lewat situ, mapping area, bagaimana pemenangan seperti apa,” kata Igun.

Setelah itu, lanjut Igun yang juga Anggota DPRD Kota Depok ini, pihaknya juga ingin program kaderisasi untuk regenerasi kepemimpinan dan menguatkan infrastruktur partai, serta meningkatkan ekonomi kader melalui sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Kita juga akan memikirkan usaha, seperti UMKM dan lain-lain buat kader, agar ekonomi mereka bisa meningkat sambil bersama-sama membesarkan partai,” lanjut Igun.

Wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Depok 5 (Cilodong-Tapos) ini mengungkapkan, selama menjadi Ketua DPD PAN Kota Depok, memang jumlah kursi di DPRD Kota Depok turun, dari enam menjadi empat kursi. Namun, perolehan suara bagi partai berlambang matahari terbit ini meningkat dari 63 ribu menjadi 74 ribu.

“Hilangnya kursi di Dapil strategis yang saya tidak bisa masuk, seperti di Pancoranmas dan Cimanggis. Namun, secara keseluruhan saya tidak akan menyalahkan siapa-siapa, itu bukti kinerja saja, saya tanggungjawab seperti itu,  Kita lihat saja nanti. kursi turun tapi plusnya suara bertambah dari 63 ribu menjadi 74 ribu, artinya itu modal juga saat ingin Pilkada, mengukur suara itu tidak hanya ke belakang, tapi kedepan juga harus diperhitungkan,” ucap Igun. (cky)

Musda Ke-V DPD PAN Kota Depok

  • Diumumkan Zulhas
  • Dilaksanakan secara virtual
  • Dua sosok adu kuat

Delapan Nama Formatur

  • Hasbullah Rahmad
  • Igun Sumarno
  • Lahmudin Abdullah
  • Azhari
  • Nurhasan
  • Fitri Hariono
  • Irwan Ardiansyah
  • Apriyan Setiowati

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah