Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Ruang Publik Pemanfaatan Zoom Meeting dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Islam Al Fikri

Pemanfaatan Zoom Meeting dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Islam Al Fikri

0
Pemanfaatan Zoom Meeting dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SMP Islam Al Fikri

Oleh : Erni Juningsih

Mahasiswa Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

 

MEWABAHNYA virus Covid-19 membuat kita lebih beradaptasi dengan teknologi, mengapa? Karena dalam kondisi pandemi yang belum usai menjadikan kegiatan sehari-hari sering dilakukan di rumah dengan menggunakan teknologi, baik kegiatan pendidikan, pekerjaan maupun kegiatan lainnya. Mungkin semua orang sudah tidak asing lagi dengan teknologi, tetapi tidak semua orang paham menggunakan teknologi. Hal ini pada perkembangan teknologi yang semakin pesat dari tahun ke tahun membuat kita harus mengikuti perkembangan teknologi tersebut.

Salah satu dampak mewabahnya virus covid-19 adalah bidang pendidikan. Kegiatan yang biasanya dilakukan di sekolah mengharuskan para peserta didik melakukan pembelajaran secara jarak jauh (PJJ). Hal ini tentu bukan lah hal yang mudah untuk peserta didik beradaptasi dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Peran guru juga dituntut untuk lebih paham menggunakan teknologi atau aplikasi yang digunakan ketika pembelajaran secara daring. Pembelajaran secara daring membutuhkan kreatifitas dan berbagai inovasi guna para peserta didik  tidak jenuh selama mengikuti pembelajaran daring.

Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan oleh SMP ISLAM AL-FIKRI salah satunya menggunakan aplikasi video conference seperti zoom meeting membuat pembelajaran terbantu dari segi hal yang cukup efektif. Di mana aplikasi tersebut memiliki feedback yang cukup dalam pembelajaran. Memaknai semiotika teknologi dalam pembelajaran daring dengan artifak semiotika dalam aplikasi zoom meeting. Beberapa fitur yang telah tersedia dalam zoom meeting seperti, kolom kotak hijau tanda panah berjudul share screen (berbagi layar)  berwarna hijau untuk memudahkan guru atau peserta didik melakukan persentasi salah satunya menggunakan aplikasi microsoft power point dalam pembelajaran. Dalam share screen (berbagi layar) terdapat tanda tulis ikon pensil sebagai papan tulis memudahkan guru untuk menjelaskan materi pembelajaran. Dalam fitur white board (papan tulis) Mudah saja untuk berbagi layar atau share screen dengan pilih kolom biru yang berada di pojok kanan bawah. Ketika share screen (berbagi layar)  sedang berlangsung akan muncul kolom berwarna hijau menandakan kalau sedang berbagi layar, sedangkan kolom merah di samping kanan kolom hijau berfungsi sebagai stop share (berhenti berbagi) sebagai tanda ketika kita ingin berhenti dalam berbagi seperti materi power point. Tidak hanya power point saja yang bisa kita bagikan melalui fitur share screen, mulai dari teks dalam aplikasi microsoft word bisa digunakan sebagai pendukung pembelajaran. Ketika guru ingin melakukan penulisan secara langsung bisa menggunakan kolom simbol pensil yang terdapat di atas. Fitur dalam white board (papan tulis) zoom meeting akan muncul di atas layar kosong. Di sebelah kiri pengguna akan menemukan alat yang akan digunakan untuk memindahkan objek. Di sebelahnya terdapat pilihan teks dan gambar yang cukup jelas. Alat Stamp akan memungkinkan guru menempatkan ikon di mana saja di white board (papan tulis). Guru dapat memilih dari serangkaian stamp yang telah dipilih sebelumnya, yang mencakup tanda panah, tanda centang, tanda X, bintang, hati, dan tanda tanya. Ini membantu guru atau peserta didik  mengekspresikan diri atau pemikiran tentang topik tertentu.

erni Juningsih
Dok. Erni Juningsih

 

Dok Erni Juningsih

Di samping kiri kolom hijau share screen (berbagi layar), terdapat kolom chat berfungsi komunikasi teks oleh partisipan dalam zoom meeting. Kolom partisipan jumlah partisipan yang mengikuti zoom meeting tersebut. Kolom record (rekam) berfungsi merekam selama pembelajaran berlangsung di zoom meeting, ketika guru ingin merekam pembelajaran bisa menggunakan fitur record (rekam). Lalu di samping kanan record (rekam) terdapat kolom simbol senyum dengan tanda plus di atas reactions (reaksi) yang berisi simbol-simbol yang dapat mewakili reaksi dari partisipan tanpa mengirim teks, seperti guru menjelaskan materi lalu salah satu peserta didik merespon dengan mengirim emoji atau simbol jempol yang dapat ditafsirkan paham dengan materi yang dijelaskan. Jadi dalam kolom simbol ini cukup pilih simbol atau emoji apa yang ingin di kirim lalu simbol atau emoji akan muncul otomatis pada layar zoom meeting.

Pandemi yang belum usai mengharuskan kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan dari rumah. Untuk itu perlu adanya kerja sama yang baik dimulai dari guru, peserta didik, orang tua dan pemerintah, agar terciptanya pembelajaran yang efektif meskipun melakukan kegiatan belajar mengajar dari rumah. Intropeksi adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk semua, pemerintah melakukan peninjauan di lapangan hal apa saja yang dapat menghambat kegiatan belajar dari rumah atau pembelajaran daring. Guru harus belajar untuk meng-upgrade kemampuannya dengan pembelajaran secara teknologi. Peserta didik diberikan motivasi yang penuh untuk selalu semangat dalam belajar ditengah pandemi yang seperti ini serta orang tua yang mendukung penuh dan mengawasi putra putrinya mengikuti pembelajaran dari rumah dengan baik. Pendidikan adalah tugas kita bersama, tidak hanya seorang guru. Tanpa adanya kerja sama yang baik pendidikan tidak akan berjalan dengan baik, untuk menciptakan pendidikan yang baik harus dilakukan dengan kerja sama yang baik. (*)