Beranda Ekbis dan Hiburan Produk Oshibana Laris Manis

Produk Oshibana Laris Manis

0
Produk Oshibana Laris Manis
KEREN : Beragam kerajinan dari Oshibana diperlihatkan.FOTO:DESDUARY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM-Jepang terkenal dengan sebutannya sebagai negeri sakura. Saat bunga sakura bermekaran, banyak wisatawan yang akan berkunjung ke sana. Selain bunga sakura, ada salah satu kerajinan yang terbuat dari bunga kering yang terkenal di Jepang, yakni Oshibana.

Kata Oshibana sendiri dalam bahasa Indonesia berarti bunga press atau bunga tekan. Dinamakan bunga pres karena melewati proses pengepresan untuk dijadikan suatu kerajinan tangan yang cantik.

Banyak dari karyanya yang sudah dihasilkan dan terjual karena keunikannya. Bagi kalian yang ingin melihat hasil karya lainnya dapat berkunjung ke Rina Oshibana yang berlokasi di Komplek Kavling UI Timur blok G No 3B, Tanah Baru, Beji, Kota Depok.

“Disebut bunga pres karena dalam proses pembuatannya dilakukan pengepresan untuk menghilangkan kadar air pada bunga-bunga. Tujuannya untuk menghilangkan kadar air ini agar bunga tersebut kering sempurna sehingga dapat bertahan lama,” ujar Sri Alderina, kepada Radar Depok.

Sri Alderina menjelaskan, usaha Rina Oshibana ini sudah dilakoni selama sepuluh tahun. Karya yang dihasilkan dari teknik Oshibana dan digabungkan ke kerajinan yang dihias dengan bunga press ada Kalung, Cincin, Gelang, Pembatas buku, Hiasan dinding dan lainnya.

Ia memiliki ide untuk membuat kerajinan ini karena memang mencintai bunga dan melihat potensi sumber daya alam yg melimpah maka dibuatlah kerajinan ini yang ramah lingkungan, zero waste dengan bahan baku yang mudah ditemui.

“Harga dari satu kerajinan bunga press ini dibanderol dari Rp15.000 hingga ratusan ribu rupiah,” ungkapnya.(rd/mg5)

Jurnalis : Desduary

Editor : Febrina