bpn sedang sosialisasi ptsl di pasir putih
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK MUSYAWARAH : BPN Kota Depok sedang melakukan sosialisasi pelaksanaan PTSL tahun 2021, di Kelurahan Pasir Putih, Keacamatan Sawangan.
bpn sedang sosialisasi ptsl di pasir putih
MUSYAWARAH : BPN Kota Depok sedang melakukan sosialisasi pelaksanaan PTSL tahun 2021, di Kelurahan Pasir Putih, Keacamatan Sawangan. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

 

RADARDEPOK.COM, PASIR PUTIH –  Warga Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan, mempertanyakan kelanjutan program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) untuk pembuatan sertifikat tahun 2019.

Salah seorang warga, Asmat Bogi mengatakan,pembuatan sertifikat PTSL tahun 2019, masih ada yang belum selesai prosesnya. Maka dari itu, mereka menantikan kejelasan nasib legalitas tanah mereka kepada petugas Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok. “Dari tahun itu (2019) ada yang belum selesai sertifikatnya. Kalau perlu diselesaikan dulu,” katanya, saat penyuluhan PTSL tahun 2021 yang digelar BPN Kota Depok.

Menyikapi hal itu,  Petugas BPN Kota Depok, Mahdiar mengatakan, kelambatan pembuatan sertifikat PTSL pada tahun 2019 karena overlap. Dia mencontohkan, dalam PTSL ditemukan tumpang tindih bukti hak dari luas 100 m2, namun gambar bidang 200 m2. “Jadi harus diperbaiki lagi, ini yang membuat pengerjaan jadi molor,”terangnya.

Di tempat yang sama,  Sekretaris Kelurahan Pasir Putih, Umar menjelaskan, pembuatan sertifikat di wilayahnya  tahun 2019, sebanyak 1.700 bidang. Namun yang belum selesai sekitar 200 biidang.

Sedangkan pada 2020, masih sekitar 400 bidang dari 1.500 bidang yang belum selesai. Sedangkan untuk PTSL 2021 yang akan dilaksanakan sebanyak 3.560 bidang yang akan disertifikatkan. “Kami berharap warga bersabar menunggu proses pembuaran sertifikat ini,” pungkasnya. (rd/dra)

 

 

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar 

Editor : Junior Williandro