Beranda Metropolis Relawan ACT-MRI Depok Tugas 12 Hari, Bantu Korban Bencana

Relawan ACT-MRI Depok Tugas 12 Hari, Bantu Korban Bencana

0
Relawan ACT-MRI Depok Tugas 12 Hari, Bantu Korban Bencana
BANTU BENCANA: Relawan ACT-MRI Kota Depoksaat membantu para korban bencana di Sulawesi Barat. FOTO: ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Gempa bumi sebesar 6,2 SR yang melanda Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat telah mengakibatkan kerusakan dan korban jiwa yang tidak sedikit. Bahkan ada sekitar lebih dari 26 kecamatan dan 222 desa yang terdampak akibat bencana alam tersebut.

Ketua Harian 1 Masyarakat Relawan Indonesia (MRI)-Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Depok, Ridwan Kurniawan mengatakan, pihaknya telah memberikan batuan kemanusiaan serta menurunkan perwakilan relawan untuk pendistribusian logistk kepada masyarakat yang terdampa bencana.

“Menindaklanjuti kebencanaan tersebut, saya dan beberapa pengurus serta anggota MRI-ACT Depok langsung merespon hal tersebut,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (7/2).

Lebih lanjut, dia mengatakan ada dua relawan yang ditugaskan kurang lebih selama 12 hari. Para relawan telah berangkat sejak 28 Januari kemarin, melalui kapal kemanusiaan.

“Alhamdulillah melalui kapal kemanusiaan kemarin, tim terbaik dari anggota kami diberangkatkan sebagai perbantuan relawan disana serta untuk mengawal paket logistik dan kebutuhan lain yang mendesak di lapangan,” lanjutnya.

Selain logistik yang telah ada di sana, terdapat pula tambahan logistik bantuan dari Kapal Kemanusiaan yang telah sampai di Pelabuhan Belang Belang, Kabuloang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat pada 1 Februari 2021 lalu.

Menurutnya, hal ini sudah menjadi kewajiban dan tugas mereka para relawan untuk selau siap siaga ketika ada bencana. Saat ini, para relawan yang berada di tempat bencana sedang mengalami kesulitan air bersih, namun hal tersebut tidak menggetarkan niat para tim relawan untuk terus membantu para korban yang terdampak.

“Karena ini sudah menjadi tugas dan kewajiban, jadi masalah kesulitan air bersih dan hal lainnya disana sudah menjadi risiko yang tidak menggetarkan hati para relawan kami,” sambungnya.

Dia berharap, para relawan yang sedang bertugas membantu para korban selalu diberi kesehatan serta semangat. Agar permasalahan yang ada di tempat bencana segera bisa selesai. “Dan semoga mereka bisa kembali ke Depok dalam keadaan yang baik,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR