Anggota DPRD Jawa Barat, Rizki Apriwijaya.
Anggota DPRD Jawa Barat, Rizki Apriwijaya.

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mewujudkan ketahanan pangan, tidak hanya membuka lahan pertanian baru. Masyarakat pun bisa melakukannya di rumah dengan menerapkan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal tersebut diungkapkan Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya.

“Menjaga ketahanan pangan, bisa dilakukan di rumah masing-masing, dengan menerapkan Program KRPL,” kata Rizki kepada Radar Depok.

Sebab, kata Rizki yang akrab disapa Dewan Milenial ini, selain menjaga ketahanan, pemanfaatan lahan pekarangan rumah menjadi sumber pangan warga, dinilai cukup efektif dalam menambah potensi pemasukan bagi mereka.

“Minimal ketika harga sejumlah komoditas pertanian naik, mereka tinggal petik di pekarangan rumah,” ujarnya.

Kondisi itu, wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini, semakin dibutuhkan di tengan melemahnya sektor ekonomi masyarakat, akibat pandemi Covid-19 saat ini.

“Beberapa komoditas pertanian seperti sayuran dengan masa tanam berkisar 30-40 hari, hingga dan tanaman holtikultura yang bisa langsung dinikmati oleh warga. Ada juga cabai, tomat dan lainnya dengan masa tanam lebih dari 40 hari,” pungkas Rizki. (cky)

 

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah