ikan cupang di detos
LENGKAP : Pameran Ikan Cupang Terbesar di Depok hadir di Detos dengan menawarkan aneka jenis ikan cupang. FOTO : FEBRINA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Tidak dapat dipungkiri, sebagai negara maritim, sektor perikanan menjadi salah satu sektor strategis di Indonesia. Sehingga, untuk pengembangannya diperlukan kebijakan yang berkelanjutan atau sustainable.

Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Gerindra, Rizki Apriwijaya menilai, salah satu sektor strategis di Indonesia adalah perikanan. Sebab, menjadi penyumbang terbesar bagi perekonomian.

“Atas dasar itu lah, perlu adanya kebijakan yang berkelanjutan. Sehingga, dapat dioptimalkan untuk peningkatan perekonomian,” kata Rizki kepada Radar Depok.

Ia mencontohkan, saat ini yang tengah digandrungi masyarakat adalah ikan hias jenis cupang. Sehingga, pemerintah harus jeli untuk menangkap peluang tersebut agar dapat meningkatkan perekonomian daerah.

“Budidaya jenis ini tengah marah di masyarakat, bahkan tidak sedikit dari para pembudidaya telah merasakan kesuksesan dari budidaya ikan hias jenis cupang,” paparnya.

Dari sini, sambung dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-kota Bekasi) ini, perlu adanya intervensi dari pemerintah daerah, agar budidaya mereka makin berdaya saing, yakni dengan membuat kebijakan yang sustainable.

“Mulai dari pelatihannya, pemasarannya hingga akses permodalan. Harus benar-benar dirancang kebijakannya,” tutup Rizki. (cky)

Editor/Jurnalis : Ricky Juliansyah