Kamis, Maret 4, 2021
Beranda Satelit Depok Sawangan Galakkan PHBS dan Protokol Kesehatan

Sawangan Galakkan PHBS dan Protokol Kesehatan

0
Sawangan Galakkan PHBS dan Protokol Kesehatan
BAHAS KESEHATAN : Suasana kegiatan Lokmin di Kecamatan Sawangan. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Aparatur dan stakeholder di Kecamatan Sawangan mengadakan lokakarya mini (Lokmin) tiga bulan pertama lintas sektoral. Dalam kegiatan ini, pemangku kebijakan di sawangan, membahas perkembangan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Plt Camat Sawangan, Fery Birowo mengatakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjalankan protokol kesehatan pihaknya kerap melakukan sosialisasi di masyarat terkait penggunaan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Bahkan, memberikan masker kepada masyarakat bekerjasama dengan TNI dan Polri.

Jadi kita ingatkan elemen masyarakat di wilayah kerjanya untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan (Prokes),” ucap Fery dalam kegiatan Lokmin tersebut, Senin (22/2).

Dia mengungkapkan, saat ini kesadaran masyarkat khususnya di swangan sudah semakin tinggi, dalam menjalankan protokol kesehatan. Dalam beberapa kesempatan pihaknya tidak lagi menemukan warga yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah. “Kami berharap masyarakat dapat terus mematuhi protokol kesehatan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Rani Martina mengatakan, permasalahan kesehatan di Depok sejauh ini kerap ditimbulkan akibat perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang kurang dilakukan dengan baik. Maka dari itu, dia meminta seluruh stakeholder terus menggalakan sosialiasi PHBS khususnya dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Mengajak masyarakat untuk menjalankan PHBS dan protokol kesehatan, memang tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan tapi semua itu harus dilakukan agar masyarakat menjadi sehat,” ujar Rani.

Selain itu, lanjut dia, elemen masyarakat diharuskan memakai masker, menjaga jarak serta hindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir dan mengurangi mobilitas.

Jadi untuk pencegahan Covid-19 selain memakai masker, menjaga jarak, mengindari kerumuman serta mencuci tangan dan kurangi mobilitas,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro