Senin, Maret 8, 2021
Beranda Pendidikan Siswa SDIT Miftahul Ulum Diajak Keliling Turki-Uzbekistan

Siswa SDIT Miftahul Ulum Diajak Keliling Turki-Uzbekistan

0
Siswa SDIT Miftahul Ulum Diajak Keliling Turki-Uzbekistan
SERU : Outing Class yang dilakukan secara virtual oleh SDIT Miftahul Ulum. IST

RADARDEPOK.COM – SDIT Miftahul Ulum (MU), melakukan inovasi ditengah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Caranya kemarin (18/2), sekolah di Jalan Musholla At-Taqwa No100 Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere Kota Depok, dengan outing class secara virtual dan Vacation ke Luar Negeri.

Kepala SDIT MU, Dedy Susanto mengatakan, sekolah Islam di bilangan Cinere ini memang selalu melakukan inovasi tiada henti dan selalu ada sesuatu yang istimewa. Kepuasan orang tua murid dan kenyamanan belajar peserta didik selalu menjadi hal prioritas dalam kegiatan pembelajaran di sekolah ini.

“Di saat sekolah lain masih merancang kegiatan sekolahnya, SDIT MU sudah melakukan berbagai inovasi dan tidak jarang menjadi inspirasi bagi sekolah lain,” ucapnya kepada Radar Depok, Kamis (18/2).

Meskipun saat ini peserta didik masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena kondisi pandemi Covid-19. Namun, penyampaian esensi materi pelajaranĀ  dan penanaman karakter tetap terjaga kualitasnya. “Kegiatan sekolah yang selama ini dilaksanakan dengan melibatkan peserta didik secara langsung baik di sekolah, atau di luar lingkungan sekolah tetap terlaksana dengan maksimal secara virtual,” terangnya.

Lebih lanjut, salah satu kegiatan tahunan adalah outing class (fieldtrip) ke berbagai tempat yang bernilai edukasi seperti museum, kebun binatang, planetarium, outbond, dan berbagai tempat yang lain. “Di masa pandemi ini SDIT MU tetap melaksanakan kegiatan outing class namun secara virtual yaitu, kelas 1-3 ke Lembang Park and Zoo (LPZ), kelas 4 ke Raja Ampat Papua, kelas 5 ke Museum Listrik & Museum Jakarta, dan kelas 6 ke Labuan Bajo (Pulau Komodo) NTT,” terangnya.

Tidak hanya kegiatan outing class virtual yang dilaksanakan di SDIT MU, namun ada satu kegiatan lagi yaitu Vacation ke Luar Negeri. Kelas 1-3 ke Negara Uzbekistan dan kelas 4-6 ke Negara Turki. “Kegiatan Vacation ke Turki dilaksanakan hari Rabu (17/2) by zoom pukul 14:00 WIB atau pukul 10:00 Waktu Turki. Agenda yang disajikan antara lain, short video perjalanan ke Turki, Masjid Aya Shopia, short video Tarian Sufi, Masjid Biru Sulthan Ahmed, short video Salju di Turki, dan Museum Topkapi,” jelasnya.

Sementara, kegiatan Vacation ke Uzbekistan dilaksanakan hari Selasa (23/2) by zoom pukul 09:00 WIB atau pukul 11:00 Waktu Uzbekistan. Agenda yang disajikan antara lain, short video perjalanan ke Uzbekistan, Metro Tashkent, short video Salju di Uzbekistan, Kulkadash Madrasah, short video Tarian Uzbekistan, dan Museum Othman Quran.

“Acara yang telah dilaksanakan, sangat mendapatkan apresiasi luar biasa dariĀ  orang tua murid, para peserta didik, dan segenap dewan guru. Pada umumnya mereka sangat bangga dan berterima kasih kepada SDIT MU yang telah berani membuat sebuah inovasi pembelajaran yang tidak biasa di era pandemi ini,” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan, agar guru dan peserta didik dapat mengenal lebih dekat tentang keunikan dan kebudayaan negara Turki serta berbagai simbol kejayaan Islam.

Sementara, Wakil Bidang Kurikulum, Mudzakkir Harun Alrasyid mengatakan, jika masih ada satu lagi vacation yang akan dilaksanakan. “Kami masih ada satu lagi Vacation ke Uzbekistan untuk kelas 1-3 pekan yang akan datang dan kami berharap tidak kalah seru dan tetap berjalan secara maksimal serta penuh nilai edukasi,” ungkapnya.

Terkait kegiatan yang dilakukan, siswa kelas 5B, Kareem mengatakan bahwa dirinya sangat kagum mengikuti serangkaian kegiatan ini. “Saya makin kagum sama Muhammad Al Fatih setelah mengikuti virtual ke Turki, kebetulan saya punya komik Al Fatih,” tandasnya. (rd/tul)

Jurnalis : Lufviatul Fauziah

Editor : Fahmi Akbar