Beranda Metropolis Sri Utami Apresiasi Rencana PUPR Membuat Aplikasi Infastruktur Partisipatif

Sri Utami Apresiasi Rencana PUPR Membuat Aplikasi Infastruktur Partisipatif

0
Sri Utami Apresiasi Rencana PUPR Membuat Aplikasi Infastruktur Partisipatif
Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Sri Utami

RADARDEPOK.COM – Rencana Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok membuat aplikasi jalan di Kota Depok, yang bisa diakses oleh masyarakat diapresiasi oleh Anggota Komisi C DPRD Kota Depok, Sri Utami.

Sri Utami menyebutkan bahwa sebagai kota dengan tagline Smart City, seharusnya Depok memang memanfaatkan teknologi informasi dalam melayani masyarakat. Salah satunya yaitu data jalan.

“Hal ini pernah saya sampaikan kepada Kadis DPUPR, dan Alhamdulillah ia responsif, serta sudah langsung akan dibuat. Kemudian sudah diumumkan kemarin, Rabu (17/2) saat Forum OPD PUPR,” ungkap Sri kepada Radar Depok, Kamis (18/2).

Sri melanjutkan, dalam sistem informasi jalan tersebut nanti diharapkan ada data-data tersebut. Di antaranya, status jalan apakah milik pusat, provinsi, atau kota. Lalu panjang lebar jalan, tanggal pembangunan, tanggal perawatan, kondisi eksisting, hingga rencana pembangunan.

“Itu akan memudahkan masyarakat mengakses informasi tersebut. Ini akan sangat membantu saat perencanaan pembangunan setiap tahun, serta kontrol untuk mengagendakan perawatan,” tutur Sri.

Sri mengatakan, tidak akan ada jalan yang itu-itu saja yang diusulkan. Karena tercatat tanggal pembangunannya, kapan dibetonisasi atau diaspal. Sebaliknya masyarakat juga bisa ikut berpartisipasi mengusulkan jalan mana yang perlu dibangun, mana yang berlubang, yang perlu segera ditambal. Sehingga akan memudahkan PUPR segera memberikan solusi.

“Saya apresiasi kinerja DPUPR tersebut. Memang seharusnya demikian, ASN kita harus mencari terobosan kerja-kerja yang cerdas, untuk menyelesaikan persoalan masyarakat,” terangnya.

Selain itu lanjut Sri, begitu pula untuk drainase, semua diharapkan bisa terpetakan. Ia pun berharap, aplikasi ini bisa disinergikan dengan aplikasi yang ada seperti DSW atau sigap. Kemudian bisa diikuti oleh dinas-dinas lain, seperti DLHK untuk pendataan jumlah pohon, sumur resapan, RTH, sampah, dan lain-lain.

“Partisipasi masyarakat untuk terlibat dalam mengusulkan dan mengawasi ini, sejalan dengan visi misi walikota terpilih. Di antaranya, membangun infrastruktur yang maju, ramah lingkungan dan partisipatif,” pungkas Sri. (rd)

Editor : Fahmi Akbar