Sabtu, Februari 27, 2021
Beranda Satelit Depok Taman Hidroponik Solusi Wilayah Padat Penduduk : Bantu Warga Penuhi Kebutuhan Pangan, Tingkatkan Perekonomian

Taman Hidroponik Solusi Wilayah Padat Penduduk : Bantu Warga Penuhi Kebutuhan Pangan, Tingkatkan Perekonomian

0
Taman Hidroponik Solusi Wilayah Padat Penduduk : Bantu Warga Penuhi Kebutuhan Pangan, Tingkatkan Perekonomian
INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK RAWAT TANAMAN : Ketua RT4/4 Beji Timur, Sofian Efendi, sedang memperhatikan tanaman hidroponik miliknya.

Hidroponik adalah salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Metode ini cocok diterapkan di wilayah padat pemukiman, seperti di Depok. 

Laporan : Indra Abertnego Siregar

RADARDEPOK.COM, Ketua RT4/4, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Sofian Efendi tengah bercocok tanam di pekarangan rumahnya. Dengan telaten ia memperhatikan sayur-sayuran yang tengah dia tanam dengan metode hidroponik.

Kegiatan tersebut dilakukan, dalam rangka mengadakan ketahanan pangan. Terutama dengan memanfaatkan lahan yang ada untuk penghijauan. “Warga RW4 Beji Timur setuju dengan adanya tanaman hidroponik seperti kangkung, terong, cabai, sawi, dan pakcoy kawasan pangan lestari. Disamping ini juga sedang direncanakan tanama anggur, tidak hanya itu ada dua jenis ikan yang sedang di budidaya ikan nila dan ikan gurami,” katanya, Kamis (4/2).

Pengembangan ilmu untuk hidroponik sendiri dibantu salah satu warga yang mengerti, dan untuk biayanya sendiri sementara ini dari beberapa donatur. “Yang terlibat dalam mengurus bagian dari kader Posyandu dan kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK),” terangnya.

Dirinya berharap, dengan adanya tanaman ini bisa menambah pundi Perrkonkmian dan mendorong  warga lain untuk ikut menanam hidroponik di rumah masing-masing. “Saya berharap, gak lama lagi seluruh warga bisa memanfaatkan sisah lahannya untuk hidroponik,” pungkasnya. (*)

 

Editor : Junior Williandro