Beranda Satelit Depok Tim Pengawas Siap Efektifkan KSC

Tim Pengawas Siap Efektifkan KSC

0
Tim Pengawas Siap Efektifkan KSC
BERSATU : Acara Pengenalan, pembeberan tupoksi, sekaligus evaluasi KSC di Aula Kelurahan Sukmajaya, Rabu (3/2). FOTO:DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM-Sinergitas, kolaborasi dan koordinasi untuk menangani Covid-19 di wilayah Kelurahan Sukmajaya diharapkan akan semakin baik dengan hadirnya Tim Pengawas dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga(DPAPMK) Kota Depok.

Sekretaris Camat Sukmajaya, Sumarna menjelaskan, pemerintah sudah memberikan dorongan kepada masyarakat khususnya wilayah Kelurahan Sukmajaya. Salah satunya dengan pembentukan tim pengawas di Dinas dan OPD sesuai dengan surat tugas dari Walikota Depok untuk mengawal informasi, dan mendampingi masyarakat yang mungkin sulit aksesnya karena masalah ekonomi, penanganan medis, kebersihan lingkungan.

“Jadi mudah-mudahan bapak ibu mendapat akses komunikasi langsung dengan pengawas Kota Depok,” jelasnya kepada Radar Depok, Selasa (2/2).

Sementara itu, Lurah Sukmajaya, Achmad Munandar mengatakan, Kampung Siaga Covid-19 (KSC) di tingkat RW dari 13 kampung, tidak semuanya aktif. Hanya beberapa tahapan saja yang dilaksanakan.

“Ya misalnya hanya aktif lumbung pangan saja, penanganan pasien saja, dan lainnya,” katanya.

Di tempat yang sama, Koordinator tim pengawas Kelurahan Sukmajaya, Eti Rohati menerangkan, tugas dari tim pengawas antara lain membantu melakukan koordinasi terkait pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19 di wilayah Kecamatan atau Kelurahan melalui pembinaan KSC. Langkah pertama yang diambil adalah membuat grup untuk koordinasi dengan KSC di wilayah Kelurahan Sukmajaya.

“Untuk kegiatan awal, kami akan menyusun strategi yang nanti akan dibahas. Kemudian akan dibuat grup untuk menentukan kegiatan. pengawas tidak selalu turun tapi bantu koordinasi,” terangnya.

Adapun, lanjut Eti, selain koordinasi, Tim Pengawas DPAPMK dalam hal ini Kelurahan Sukmajaya bersama-sama akan melakukan monitoring dan Pembinaan dengan tim tingkat Kelurahan.

“Kami akan membantu mengaktifkan kembali KSC sejauh mana pelaksanaannya, kendala yang ada serta upaya solusi yang akan dikoordinasikan secara tim,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Febrina