Beranda Utama Tim WHO Sebut China Berbohong Soal Covid-19

Tim WHO Sebut China Berbohong Soal Covid-19

0
Tim WHO Sebut China Berbohong Soal Covid-19
Tim WHO saat berada di Wuhan, China.

RADARDEPOK.COM – Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, pemerintah China telah membohongi publik dunia soal pandemi virus Korona (Covid-19).

Tim ahli dari WHO menemukan skala Covid-19 yang pertama kali muncul di Wuhan, China pada Desember 2019, sebenarnya jauh lebih luas daripada yang diperkirakan.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu tim ahli dari WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 di Wuhan beberapa waktu lalu, Peter Ben Embarek.

Embarek mengatakan, pihaknya mendesak untuk mendapatkan akses terhadap ratusan ribu sampel darah di Wuhan. Namun, pihak berwenang China sejauh ini belum mengizinkan permintaan itu.

Tes laboratorium telah mengonfirmasi 100 kasus, sementara 74 kasus lainnya dikonfirmasi melalui diagnosis klinis dari gejala pasien. Embarek menyebut adanya kemungkinan kasus Covid-19 yang jauh lebih besar. Ini berarti, virus itu telah menginfeksi sekitar 1.000 lebih orang di Wuhan pada Desember 2019.

“Kami belum melakukan pemodelan apa pun sejak itu,” tutur Embarek.

Namun, secara kasar, Embarek menyebutkan, dari populasi yang terinfeksi, sekitar 15 persen menjadi kasus yang parah. Sedangkan sisanya atau sebagian besar di antaranya adalah kasus ringan.

Dia menambahkan, tim tersebut juga untuk pertama kalinya mengumpulkan 13 urutan genetik berbeda dari virus SARS-CoV-2 sejak Desember 2019. Urutan tersebut, jika diperiksa dengan data pasien yang lebih luas di China sepanjang 2019, dapat memberikan petunjuk berharga tentang geografi dan waktu wabah sebelum Desember 2019.

“Beberapa dari mereka berasal dari pasar (makanan laut Huanan di Wuhan). Beberapa dari mereka tidak terkait dengan pasar,” tutur Embarek. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya