Selasa, Maret 2, 2021
Beranda Utama Walikota Izinkan Kelurahan Ajukan Rp5 Miliar Buat Tambahan di Musrenbang

Walikota Izinkan Kelurahan Ajukan Rp5 Miliar Buat Tambahan di Musrenbang

0
Walikota Izinkan Kelurahan Ajukan Rp5 Miliar Buat Tambahan di Musrenbang
LULU/RADAR DEPOK SOSIALISASIKAN : Walikota Depok Mohammad Idris saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Cinere di Aula Kantor Kecamatan Cinere, Selasa (2/2).
musrenbang depok
SOSIALISASIKAN : Walikota Depok Mohammad Idris saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Cinere di Aula Kantor Kecamatan Cinere, Selasa (2/2). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

– Ada kesempatan bagus buat tiap kelurahan se-Kota Depok. Selain dapat jatah pembangunan sebesar Rp2,5 miliar, di Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tahun ini diperbolehkan mengajukan Rp5 miliar buat membangun wilayah. Kepastian tersebut dilontarkan Walikota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri Musrenbang Kecamatan Cinere, Selasa (2/2).

“Saya berpesan agar penggunaan dana pembangunan tahun ini, dapat dioptimalkan secara tepat dan mengacu pada kebutuhan. Karena memang ada alokasi anggaran pembangunan yang terpakai untuk penanggulangan wabah Covid-19. Sehingga memaksa pemerintah menunda sejumlah rencana realisasi proyek pembangunan,” ujar Walikota Depok, Mohammad Idris kepada Harian Radar Depok, Selasa (2/2).

Walikota menyebut, selain jatah anggaran pembangunan masing-masing Rp2,5 miliar setiap kelurahan. Aparatur pemerintah di wilayah juga dapat mengajukan penggunaan dana pembangunan Rp5 miliar dalam kurun 5 tahun. Hanya saja, harus terlebih dahulu mengajukan proposal data fasilitas umum dan fasilitas sosial atau kegiatan pemberdayaan masyarakat yang benar-benar urgent. “Prioritaskan pengajuan sesuai kebutuhan dan kondisi sarpras yang akan diusulkan,” jelasnya.

Camat Cinere, Mangnguluang Mansur mengaku lega lantaran pelaksanaan musrenbang berjalan lancar dan sesuai harapan. Sepertinya, persiapan panitia memang sudah sangat matang karena sebelum digelar musrenbang digelar, terlebih dahulu dilaksanakan pra musrenbang pada tanggal 27 Januari. “Arahan dari bapak walikota akan kami rundingkan dahulu dengan kelurahan yang ada. Kemungkinan Kelurahan Pangkalanjati Baru yang sangat mendesak buat direnovasi,”  ujar camat.

Sementara, Sekretaris Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Cinere, Edi Martono memaparkan, alokasi pengajuan perbaikan fasilitas umum 2021 untuk realisasi tahun 2022 mengajukan sebanyak 34 titik pembangunan fisik. Dan 104 item kegiatan non fisik pada musrenbang tahun ini. Untuk empat wilayah kelurahan dengan total pagu anggaran mencapai Rp10 miliar.

Selain dihadiri Walikota Depok, Mohammad Idris,musrenbang secara virtual yang digelar di aula Kantor Kecamatan Cinere, dihadiri juga para lurah lingkup Kecamatan Cinere, perwakilan dari Kantor Bappeda Kota Depok, serta sejumlah unsur lainnya.(rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Fahmi Akbar