universitas gadjah mada

RADARDEPOK.COM – Di masa pandemi virus Korona (Covid-19) seperti ini, semua tentu akan ada batasan-batasan, dan media online menjadi jalan keluarnya. Universitas pun dituntut untuk bisa menyebarkan informasi melalui media online, salah satunya dengan website

Dimana, website menjadi salah satu media yang paling banyak dilihat oleh calon mahasiswa ataupun mahasiswa.

Website resmi universitas juga harus disertai informasi yang terbaru. Hal ini bertujuan untuk memastikan calon mahasiswa dan mahasiswa aktif mengetahui informasi apa saja yang diunggah oleh kampus.

“Berdasarkan data dari SimilarWeb, rata-rata waktu yang orang habiskan di 5 website universitas dengan pengunjung bulanan terbanyak adalah 5,5 menit,” ujar Head of Content Marketing RevoU, Andrew Prasatya. RevoU sendiri merupakan perusahaan rintisan di bidang teknologi edukasi.

Berikut 10 universitas yang websitenya paling banyak dikunjungi yang diambil dari data RevoU:

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada memiliki website resmi https://ugm.ac.id/. UGM menjadi universitas negeri yang jumlah tamu websitenya paling banyak, yakni 6,1 juta tiap bulannya.

2. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia adalah universitas tertua di Indonesia. Bahkan Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia The Times Higher Education (THE) menempatkan 9 perguruan tinggi di Indonesia dalam Emerging Economies University Rankings 2021 yang dirilis 9 Maret 2021.

Universitas Indonesia atau UI menduduki peringkat pertama dari 9 perguruan tinggi tersebut.

Universitas Indonesia http://ui.ac.id memiliki jumlah pengunjung website per bulannya sejumlah 5 juta.

3. Binus University

Meskipun bukan menjadi universitas negeri, Binus University masuk dalam jumlah pengunjung website terbesar di Indonesia. Dalam sebulan ada sebanyak 4,3 juta.

4. Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung jadi salah satu universitas yang memiliki banyak peminat. Berbagai fakultas teknik mulai dari teknik sipil, elektro hingga matematika memiliki banyak pesaing untuk berlomba-lomba masuk ke sini.

Prodi Teknik Sipil di ITB didirikan pada 3 Juli 1920 dan sempat digabungkan dengan Fakultas Teknik Sipil UI pasca Proklamasi Kemerdekaan. Pengunjung website http://itb.ac.id dalam sebulan mencapai 3,9 juta orang.

5. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya yang terletak di Kota Malang, Jawa Timur menjadi salah satu incaran universitas negeri banyak calon mahasiswa. Ada sebanyak 3,5 juta orang yang mengunjungi website http://ub.ac.id/ setiap bulannya.

6. Universitas Airlangga

Universitas Airlangga memiliki website dengan laman http://unair.ac.id. Universitas yang ada di Surabaya, Jawa Timur ini juga menjadi salah satu kampus yang digemari dan banyak jadi pilihan calon mahasiswa.

Setiap bulannya, pengunjung yang melihat website Universitas Airlangga berjumlah 2,2 juta.

7. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia.

Website ipb.ac.id dikunjungi 2 juta orang per bulannya. Tentunya untuk mencari beragam informasi seputar kampus hingga fakultas pilihan.

8. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran jadi salah satu universitas populer di Bandung, Jawa Barat selain. Institut Teknologi Bandung. Setiap bulannya website Unpad dikunjungi sebanyak 1,8 juta orang.

9. Telkom University

Universitas swasta di Bandung, Telkom University memiliki website yang cukup banyak dikunjungi tiap bulannya. Dalam data yang didapatkan RevoU, ada sebanyak 1,8 juta orang yang mampir ke website Telkom setiap bulannya.

10. Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) menjadi salah satu PTN yang paling diminati dalam SBMPTN 2020. Tak heran jika persaingan serupa kembali terjadi di UTBK SBMPTN 2021 demi bisa masuk Undip. Website resmi milik Undip dikunjungi sebanyak 1,8 juta orang tiap bulannya. (*)

 

Editor : Pebri Mulya