puskesmas tapos tangani TB
SOSIALISASI : Pihak Puskesmas memberikan sosialisasi dalam gedung, kepada masyarakat yang hadir di Puskesmas Tapos. FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, TAPOS – 20 kasus TB paru sedang ditangani pihak UPTD Puskesmas Tapos. 

Kepala UPTD Puskesmas Tapos, dr. Trisna Setiawan menuturkan, momeni Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia, Puskesmas Tapos memicu upaya yang lebih baik lagi dalam menekan penyebaran kasus TB di wilayah Tapos.

“Kami masih berupaya dengan maksimal mengobati pasien yang dilaporkan oleh masyarakat, kader dan temuan petugas. Karena jangan sampai mereka drop out,” ucapnya kepada Radar Depok, Kamis (25/03).

Trisna menjelaskan, pihak puskesmas juga melakukan pencarian kasus dengan melakukan pemeriksaan lab kepada anggota keluarga dekat atau serumah, yang memiliki kontak erat.

“Kami juga rutin memberikan penyuluhan tentang penyakit TBC kepada masyarakat, melalui penyuluhan dalam gedung dan luar gedung,” terangnya.

Pihak Puskesmas juga bekerjasama dengan kader TB Kecamatan Tapos untuk meningkatkan cakupan temuan penderita di wilayahnya.

“Puskesmas melakukan inovasi program TB yaitu, melakukan pendataan pasien TBC secara grup WhatsApp dengan menyertakan kader dilapangan untuk melakukan pemantauan minum obat, yang kiita sebut SiTapos TB Ok” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya