Beranda olahraga 5 Pecatur Terbaik Indonesia yang Berkiprah di Internasional

5 Pecatur Terbaik Indonesia yang Berkiprah di Internasional

0
5 Pecatur Terbaik Indonesia yang Berkiprah di Internasional

RADARDEPOK.COM – Duel antara Irene Sukandar dan Dewa Kipas baru-baru ini membuat olahraga catur Indonesia jadi sorotan publik. Banyak pihak yang bertanya-tanya siapa saja pecatur terbaik Tanah Air saat ini.

Dadang yang bukan atlet catur nasional bikin kejutan dengan mengalahkan GothamChess dalam pertandingan daring Chess.com. Namun, kemenangan Dadang berbuntut panjang.

Akun Dewa Kipas milik Dadang di-banned Chess.com karena dianggap melakukan kecurangan. Kendati demikian, netizen justru memberikan dukungan penuh kepada Dewa Kipas.

Irene yang merupakan pecatur profesional akhirnya buka suara. Ia menyebut Dewa Kipas mencoreng wajah pecatur Indonesia karena dugaan kecurangan.

Dewa Kipas tak terima dengan tudingan Irene dan malah menantang duel. Irene menerima tantangan dan pertandingan itu disiarkan secara langsung di YouTube Deddy Corbuzier.

Irene membuktikan kualitasnya sebagai pecatur internasional dengan meraih kemenangan telak. Ia sukses mengalahkan Dewa Kipas 3-0 dengan sistem permainan 4×10 menit.

Berikut daftar 5 pecatur terbaik Indonesia saat ini berdasarkan peringkat Federasi Catur Internasional (FIDE):

1. GM Susanto Megaranto

Saat ini, Susanto Megaranto berada di peringkat teratas daftar pecatur terbaik Indonesia versi Federasi Catur Dunia (FIDE) yang mewadahi berbagai federasi catur di dunia.

Susanto bukanlah sosok asing di dunia catur Indonesia. Ia berhasil meraih predikat Grandmaster yang merupakan gelar tertinggi di dunia catur pada usia 17 tahun.

Catatan tersebut membuat Susanto mengalahkan rekor legenda catur Indonesia, Utut Adianto yang meraih gelar Grandmaster pada usia 21 tahun.

Saat ini Susanto Megaranto tercatat sebagai pecatur Indonesia dengan ELO rating tertinggi versi FIDE dengan 2550 poin per Maret 2021.

2. GM Novendra Priasmoro

Novendra pernah menorehkan dua prestasi sekaligus dalam turnamen catur Liberec Open yang berlangsung di Liberec, Republik Ceko pada Februari 2020 lalu.

Ia sukses menjuarai turnamen tersebut sekaligus memastikan gelar Grand Master setelah meraih kemenangan beruntun pada babak ketujuh Liberec Open.

Novendra ternyata sudah sembilan kali mengalahkan GothamChess yang mendadak viral usai dikalahkan Dewa Kipas. GM Novendra Priasmoro memiliki ELO rating 2502.

3. Yoseph Theolifus Taher

Pria kelahiran 1999 merupakan salah satu pecatur terbaik Indonesia dan saat ini memiliki ELO rating 2455. Yoseph menyandang gelar International Master pada 2018.

Beberapa prestasi hebat Yoseph di luar negeri yang patut dicatat adalah menahan remis GM Wang Hao di Kejuaraan Catur Kontinental Asia 2018 di Filipina dan juga bermain remis dengan Juara Dunia Catur Wanita GM Ju Wenjun pada babak keenam di Hunan Open 2019 di China.

4. Sean Winshand Cuhendi

Merujuk data FIDE, Sean sukses menyandang gelar International Master sejak 2014. Ia kini menempat peringkat keempat daftar pecatur terbaik Indonesia dengan rating 2419.

5. Irene Sukandar

Irene merupakan pecatur Indonesia pertama yang berhasil menyandang Grand Master Internasional Wanita (GMIW) terhitung mulai Desember 2008. Saat ini Irene memiliki rating 2413.

Berbagai gelar juara sudah dikoleksinya sejak remaja. Beberapa di antaranya adalah juara Australian Women’s Masters 2014 di Melbourne serta juara Asian Continental Chess Championship 2014 di Uni Emirat Arab.

Popularitas Irene menanjak lebih tajam usai mengalahkan Dewa Kipas dengan skor 3-0 sekaligus berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp200 juta. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya