pedagang pasar cisalak vaksin
SEHAT : Salah satu pedagang tengah asik selfie sambil dilakukan penyuntikan vaksin oleh petugas medis UPTD Pasar Cisalak, Selasa (9/3). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CISALAK PASAR – Pedagang di Pasar Cisalak, Kelurahan Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, divaksin tagap pertama oleh UPTD Puskesmas setempat, Selasa (9/3).

Kepala UPTD Puskesmas Cisalak Pasar, drg. Nunung Baitaningsih menerangkan, pelaksanaan vaksin untuk 70 pedagang pasar sangat disambut dengan baik.

“Yang awalnya target kami hanya 60, tetapi yang berhasil di vaksin mencapai 70 pedagang. Ada juga tiga pedagang yang ditunda, karena karena saat skrining tekanan darahnya cukup tinggi,” ucapnya kepada Radar Depok, Selasa (9/3).

Lebih lanjut, dirinya menegaskan setelah 70 pedagang menerima vaksin dan dilakukan observasi selama 30 menit, semua aman dan tidak ada keluhan.

“Semuanya aman. Setelah penyuntikan vaksin dan kami observasi, kami tanya semua tidak merasakan keluhan berat dan mereka langsung kembali menjalani aktifitas,” terangnya.

Sebelum melaksanakan vaksin, pihak Puskesmas juga telah melakukan sosialisi kepada pedagang, sehingga mereka paham dan mau untuk dilakukan vaksin.

“Beberapa hari sebelum pelaksanaan, bagian Promosi Kesehatan (Promkes) telah melakukan sosialisasi. Sehingga tak heran, antuasiasnya sangat luar biasa,” ujarnya.

Sementara, Kepala UPT Pasar Cisalak, Sutisna menuturkan, pihaknya sangat berterimakasih pemerintah, karena sudah memperhatikan para pedagang khususnya di Pasar Cisalak.

“Karena memang pedagang itu sangat rentan terpapar virus Korona (Covid-19), mereka memiliki interaksi yang luas dengan banyak orang. Sehingga memang, perlu dilakukan vaksin,” tuturnya.

Sutisna mengatakan, sebenarnya dirinya ingin mengajukan vaksin untuk seluruh pedagang yang ada di Pasar Cisalak, kurang lebih 1.000 pedagang. Tetapi, karena keterbatasan vaksin sehingga kali ini hanya 70 pedagang saja.

“Mungkin sisanya bisa dilakukan vaksin ditahap selanjutnya. Kami berharap, setelah menerima vaksin, para pedagang dapat memiliki kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah terpapar Covid-19,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya