servis AC ruangan

RADARDEPOK.COM – Beberapa rumah untuk mendinginkan ruangan, kerap menggunakan AC. Apalagi ketika ruangan yang panas, AC menjadi andalan untuk mendinginkannya.

Seperti alat alat elektronik lainnya, AC juga memiliki jangka waktu atau pakainya.

Berikut beberapa tanda yang paling umum, AC harus diganti : 

  1. Sistem HVAC Sudah Tua

Sebagian besar unit AC tampaknya bertahan sekitar 20 tahun dengan perawatan yang tepat. Jika unit Anda mencapai usia tersebut, atau bahkan lebih tua, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan penggantian.

  1. Biaya Listrik Meningkat

Seiring bertambahnya usia sistem HVAC, ini tidak akan berfungsi seefisien mungkin, dan itu bisa berarti meningkatnya biaya listrik.

Seiring bertambahnya usia, unit AC kehilangan poin Rasio Efisiensi Energi Musiman (SEER), menghabiskan hingga sembilan persen dari efisiensi per poin.

  1. AC Anda Keras atau Berbau

Sistem HVAC yang berfungsi dengan baik tidak berdecit, berderak, berdecit, atau menggiling. Suara yang tidak biasa atau keras selama pengoperasian adalah tanda bahwa unit AC bisa saja mencapai akhir masa pakainya. 

  1. Panas di Dalam

Mungkin tanda yang paling jelas bahwa AC Anda akan mati atau rusak adalah bahwa AC mengalami penurunan sehingga udara yang dihasilkan tidak panas. Saat Anda menyalakan AC sentral, udara dingin akan keluar dari ventilasi dalam beberapa menit.

Jika tidak, ini pertanda AC Anda kesulitan untuk mengimbanginya, terutama jika AC menyala tetapi berembus udara hangat.

Tentu saja, keadaan seperti ini tidak selalu mengindikasikan Anda harus menggantinya. Ini juga bisa menjadi tanda bahwa saluran Anda tersumbat.

Namun, jika AC Anda tampaknya berfungsi tetapi tidak mendinginkan rumah seperti dulu, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya.

  1. Masalah Kelembaban

Salah satu tugas AC Anda adalah menghilangkan kelembapan dari udara di dalam rumah Anda. Koil evaporator melakukan ini dengan mengeluarkan udara hangat dari dalam rumah Anda, mendinginkannya, dan mengarahkannya kembali ke dalam.

Kelembaban yang dihilangkan dari udara selama proses ini dapat bocor keluar dari unit Anda di luar. Sedikit air yang menetes dari unit AC rumah adalah normal.

Namun, seiring bertambahnya usia AC Anda dan berkurang secara efisien, atau seiring berkembangnya masalah dengan koil evaporator, AC tidak akan lagi dapat mengekstraksi kelembapan dari udara di dalam rumah seefisien dulu.

Rumah Anda akan terasa lebih lembap, dan Anda bahkan mungkin melihat kabut di jendela atau kelembapan di sekitar. Selain itu, adanya pertumbuhan jamur atau lumut di dalam AC atau ruangan. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya