Beranda Ekbis dan Hiburan Ada 6 Kebijakan Baru WhatsApp yang Berlaku Mulai 15 Mei

Ada 6 Kebijakan Baru WhatsApp yang Berlaku Mulai 15 Mei

0
Ada 6 Kebijakan Baru WhatsApp yang Berlaku Mulai 15 Mei

RADARDEPOK.COM – Ada kebijakan baru untuk pengguna aplikasi WhatsApp yang mulai berlaku mulai 15 Mei 2021.

Sebelumnya, WhatsApp sempat menjadi kontroversi pada 8 Februari 2021 ketika rencana pembaruan kebijakan WhatsApp bisnis.

Pihak WhatsApp lantas menunda pembaruan hingga 15 Mei 2021. Kali ini, pemberitahuan tidak muncul melalui bilah status, melainkan pada bagian paling atas dari daftar percakapan atau chat.

Apa saja isi pemberitahuan dan apa yang baru dari WhatsApp?

1. Pesan enkripsi tidak dibaca pihak ketiga

Pemberitahuan tersebut menyebutkan, pihak WhatsApp tidak bisa membaca atau mendengarkan percakapan pribadi, selama terenkripsi secara end-to-end.

Enkripsi end-to-end adalah metode komunikasi yang mencegah pihak ketiga mengakses data saat ditransfer dari satu sistem, atau perangkat ke perangkat lainnya.

Berdasarkan kunci pembaruan di laman resmi WhatsApp, pihaknya berusaha membuat informasi soal syarat dan kebijakan privasi yang lebih mudah dipahami.

WhatsApp menjelaskan, pihaknya tidak menyimpan pesan setelah terkirim. Jika dienkripsi secara menyeluruh, maka WhatsApp dan pihak ketiga tidak dapat membacanya.

2. Opsi WhatsApp bisnis

WhatsApp mengklaim, membuat pesan bisnis lebih mudah, termasuk memberikan pertanyaan dan jawaban secara cepat. Adapun percakapan melalui akun bisnis bersifat opsional. Pembaruan kebijakan privasi ini hanya berlaku untuk akun WhatsApp Business. Untuk akun WhatsApp pribadi, kebijakan privasinya tetap sama sehingga perubahan ke akun bisnis bersifat opsional.

3. Informasi cara kerja WhatsApp

Dalam pembaruan ini, WhatsApp melakukan penambahan soal informasi cara kerja aplikasi. Pembaruan ini termasuk bagaimana data diproses dan menjaga data pengguna tetap aman.

4. Akun bisnis terkoneksi dengan Facebook

Kebijakan privasi baru akan membantu Facebook mendapatkan data WhatsApp Business dan akan memberikan akses ke obrolan bisnis, untuk membantu pengguna WhatsApp Bisnis memonetisasi layanannya dengan lebih baik.

WhatsApp bergabung dengan Facebook pada 2014. Pihak WhatsApp mengaku memerangi spam di seluruh aplikasi, membuat saran produk, dengan menampilkan penawaran dan iklan yang relevan di Facebook.

Perlu ditekankan, tidak ada yang pesan, foto, dan informasi akun WhatsApp, yang akan dibagikan ke Facebook.

5. Tanggung jawab WhatsApp soal penjelasan

WhatsApp mengaku bertanggung jawab atas perubahan yang terjadi, dengan memberitahukan ini kepada penggunanya. Sementara itu, pada halaman kedua, WhatsApp menegaskan tidak mengubah privasi dari percakapan personal.

6. Contoh spesifik kerja sama dengan Facebook

WhatsApp akan memberi contoh spesifik untuk menggambarkan kerja sama dengan pihak Facebook, terutama soal penawaran produk dan jasa. WhatsApp mencoba memperbarui akun bisnis melalui informasi pemesanan, transaksi, dan janji temu, pemberitahuan pengantaran dan pengiriman, pembaruan produk dan layanan, serta pemasaran.

Misalnya, pengguna mungkin menerima informasi status penerbangan untuk perjalanan yang akan datang, tanda terima untuk sesuatu yang sudah beli, atau pemberitahuan saat pengiriman akan dilakukan.

Pengguna juga mungkin akan menerima pesan berisi konten pemasaran. Melalui kunci pembaruan di laman WhatsApp, pihaknya dalam upaya menghindari spam, maka pengguna diberi pilihan untuk dapat mengelola model komunikasi ini. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya