Beranda Ekbis dan Hiburan Aplikasi PLN Mobile Semakin Dikembangkan, Mempermudah Masyarakat

Aplikasi PLN Mobile Semakin Dikembangkan, Mempermudah Masyarakat

0
Aplikasi PLN Mobile Semakin Dikembangkan, Mempermudah Masyarakat
MUDAH : Aplikasi PLN Mobile semakin dikembangkan fiturnya sehingga lebih maksimal pelayanannya.FOTO:LULU/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Sejak diluncurkan 31 Oktober 2016, yang bertepatan dengan Hari Listrik Nasional ke-71, aplikasi PLN Mobile kini semakin  mengembangkan fiturnya agar lebih maksimal untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

Manager PLN UP3 Depok, Putu Eka Astawa menuturkan, pengembangan aplikasi ini dimaksudkan agar lebih baik dan lebih maksimal dalam mengakomodir layanan masyarakat. Banyak kemudahan yang ditawarkan dalam aplikasi PLN Mobile ini, seperti kemudahan pembelian token dan pembayaran tagihan.

“Nantinya, pelanggan pascabayar bisa langsung membayar tagihan listriknya. Dan bagi pelanggan prabayar bisa membeli token langsung dari aplikasi PLN Mobile. Cara pembayarannya juga dipastikan tidak membuat pelanggan repot karena bisa memilih berbagai akses seperti virtual account, debit online, kredit via Doku, E-Wallet seperi, LinkAja, OVO, GOPAY. Serta menawarkan tanpa biaya admin melalui bank tertentu,” ucapnya kepada Radar Depok.

Lebih lanjut, nantinya masyarakat juga dapat merasakan kemudahan ubah daya. Pengajuan tambah daya tegangan listrik dengan mudah di aplikasi PLN Mobile, segala proses administrasi penambahan daya bisa langsung dilakukan hanya menggunakan jari saja.

“Tak hanya itu, masyarakat juga bisa catat angka meter secara mandiri. Periode catat angka meter mandiri pada tanggal 24-27 setiap bulannya menjadi lebih praktis dengan mengunggah foto. Hal ini dilakukan, agar dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan bisa sesuai dengan kondisi di lapangan. Serta menghindari gagal akses petugas di lapangan pada saat pembacaan meter,” tuturnya.

Karena PLN Mobile aktif selama 24 jam, bisa memberikan kemudahan pengaduan gangguan dan keluhan. PLN Mobile siap memberi jawaban dari pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan yang update sesuai idpel unit masing-masing.

“Kemudahan selanjutnya yakni, memonitor pemakaian listrik pascabayar. Bagi pelanggan PLN kategori pascabayar, kini tidak perlu lagi menyimpan struk pembayaran karena PLN Mobile terdapat fitur history penggunaan listrik yang menampilkan rincian Rupiah pembayaran dan energi listik (kWh) pelanggan setiap bulannya,” jelasnya.

Kemudahan memonitor pembelian token juga bisa dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile. Pelanggan PLN prabayar kini tidak akan lupa berapa token yang dibeli. Karena dengan adanya PLN Mobile, pelanggan bisa memonitor history pembelian token.

“Aplikasi PLN Mobile, juga akan mengirimkan notifikasi bayar listrik untuk mengingatkan pelanggan agar membayar tagihan sebelum jatuh tempo yang telah ditentukan,” tuturnya.

Melalui Aplikasi PLN Mobile, pelanggan juga bisa mengetahui progress tindak lanjut pengaduan yang diajukan sampai dengan selesai.

“Pelanggan bisa mendapatkan notifikasi apabila akan diadakan pemadaman terencana, seperti pada proses pemeliharaan. Notifikasi untuk saat ini bisa diakses di pulau Jawa, Madura, dan Bali. Untuk daerah lain segera menyusul. Jadi tunggu apalagi untuk para pelanggan PLN, segera download aplikasi PLN Mobile,” tandasnya.(rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Febrina