Beranda Utama Aturan Longgar Prokes Diperketat

Aturan Longgar Prokes Diperketat

0
Aturan Longgar Prokes Diperketat
TERAPKAN PROKES: Salah satu pengunjung bioskop Kota Depok saat melakukan cek suhu sebelum masuk bioskop, beberapa waktu lalu. FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Berdasarkan Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 15 Tahun 2021 terkait perubahan kebijakan dalam rangka pencegahan, penanganan, dan pengendalian Covid-19. Ada beberapa yang berubah, seperti pembukaan arena bermain, kolam renang, kapasitas bioskop, hingga aktivitas salon dan barber shop.

Wakil Ketua 3 Satgas Covid-19 Kota Depok, Sri Utomo mengatakan, terkait pelonggaran yang telah ada atau perubahan, diharapkan masyarakat Kota Depok tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

“Artinya, tetap posisi kami melakukan pembatasan sesuai Perwal yang terakhir. Yaitu ada beberapa yang sudah dibuka, namun tetap dalam batasan,” tutur Sri kepada Radar Depok, Senin (29/3).

Sri menyarankan, walaupun pada minggu ini ada libur panjang, masyarakat diharapkan tidak banyak melakukan mobilitas. “Diharapkan tidak banyak melakukan pergerakan, dan sesuai imbauan pemerintah pusat juga,” lanjutnya.

Selain tidak liburan disaat hari libur panjang, Sri meminta kepada masyarakat untuk tetap menerapkan prokes di tempat ekonomi yang sudah mulai dibuka.

“Kami mengingatkan juga kepada pelaku ekonomi yang sudah buka, tetap dengan batasan-batasan yang sudah ada,” ucap Sri.

Terkait tidak adanya RT zona merah dan oranye, Sri menjelaskan, indikator tersebut berdasarkan indikator atau parameter dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sedangkan, apabila dilihat dari indikator pusat, masih ada RT yang berzona oranye.

“Berdasarkan indikator atau parameter PPKM, ada 4.018 RT zona hijau, dan 1.212 RT zona kuning,” ucap Sri.

Terpisah, Marcom Manager Detos Mal, Fery Nurdin mengatakan, adanya penambahan kapasitas pengunjung bioskop dan pembukaan arena bermain, pihaknya masih akan selalu menerapkan prokes dengan ketat.

“Kalau bioskop sebenarnya di kami sedang tidak operasional, namun sampai kapan waktunya belum tahu,” tutur Fery kepada Radar Depok.

Menurutnya, hingga hari ini apabila dilihat dari sisi pengunjung, Detos Mal masih menerapkan prokes disertai jaga jarak pengunjung. Dan belum mengadakan event yang menimbulkan kerumunan.

“Kemudian, untuk arena bermain anak, sudah mulai dibuka. Dengan kapasitas hanya sebesar 30 persen,” lanjutnya.

Dia mengaku, pihaknya selalu melakukan pemantauan, mengecek suasana di dalam mal. “Kami juga lakukan pemantauan rutin, dibantu security,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR