Pusdiklat Seni Ayodya Pala
UJIAN: Siswa Pusdiklat Seni Ayodya Pala Cabang Tanah Baru saat test persiapan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT),  Minggu (7/3). FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pandemi Covid-19 tidak menjadi penghalang bagi Pusdiklat Seni Ayodya Pala Kota Depok dalam mengasah bakat para muridnya. Bahkan, di masa pandemi Covid-19, Ayodya Pala tetap menggelar tes persiapan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT).

Pimpinan Pusdiklat Seni Ayodya Pala, Budi Agustinah mengatakan, tes persiapan UKT 2021 kembali diadakan, setelah tahun 2020 kemarin tidak digelar.

“Dalam satu tahun ada dua kali tes persiapan UKT. Pada 2020 kami hanya menggelar satu kali. Karena waktu itu, pandemi Covid-19 muncul dan kami tidak mengadakan,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (7/3) .

Dia menjelaskan, tes persiapan UKT diadakan selama enam hari. Yaitu 6, 7, 13, 14, 20, dan 21 Maret 2021.

“Tesnya dilaksanakan secara offline, namun kalau ada yang berhalangan hadir karena sakit ataupun case tertentu, bisa mengikutinya secara virtual,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Kependidikan Ayodya Pala, Ririn Tri Alfiani mengatakan, pada Minggu (7/3) ada 30 murid Ayodya Pala cabang Tanah Beru, Beji yang mengikuti tes persiapan UKT.

“Dari ke-30 murid tersebut yang mengikuti tes pesiapan UKT, mereka membawakan tarian yang berbeda-beda,” tuturnya.

Murid yang mengikuti tes persiapan UKT  hanya menggunakan seragam latihan biasa, namun tetap menggunakan nomor ujian. Nantinya, saat UKT para murid baru akan menggunakan pakaian adat dari tariannya masing-masing.

“InsyaAllah tahun ini kami akan adakan tes persiapan UKT dua kali. Karena UKT akan dijadwalkan pada Juni dan Desember mendatang,” jelasnya.

Tes persiapan UKT bertujuan untuk melihat sejauh mana murid sanggar tari Ayodya Pala hafal tariannya. Dan mengulang tarian yang sudah dipelajarinya. “Murid yang akan mengikuti UKT, harus mengikuti tes persiapan dulu. Tes persiapan UKT ibaratnya adalah UTSnya anak sekolah,” ucapnya.

Rangkaian kegiatan tes persiapan UKT yangt digelar oleh sanggar tari Ayodya Pala mengikuti protokol kesehatan yang ketat . Mulai dari memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk, menjaga jarak, dan lainnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR