bank sampah merdeka minat
PEMILAHAN : Pengurus Bank Sampah Merdeka usai kegiatan penyetoran sampah, Jumat (12/03). FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – Bank Sampah Merdeka yang baru diresmikan pada pekan lalu, kini mulai menjalankan fungsinya. Sebagai unit perkantoran, animo Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Sukmajaya sudah cukup banyak.

Koordinator Bank Sampah Merdeka, Ike Saptawati mengatakan, hadirnya bank sampah di Kantor Kecamatan Sukmajaya ini tidak lain untuk memacu masyarakat khususnya ASN dan staf kecamatan membawa sampah yang telah dikumpulkan untuk ditimbang dan dicatat.

“Alhamdulillah kami sudah melakukan sosialisasi pada bulan lalu. Antusiasme mereka sudah cukup bagus dan paham bahwa Depok ini memiliki target menuju Zero Waste City. Pekan ini sudah ada 20 asn,” katanya kepada Radar Depok, Jumat (12/03).

Sampah yang telah terkumpul di Bank Sampah Merdeka, akan diambil oleh Bank Sampah Induk Rumah Harum untuk dijual kepada produsen, seeprti pabrik dan pengepul.

“Sebagian juga ada yang akan kami daur ulang menjadi barang bermanfaat, seperti tas ecobag dan lainnya,” ungkapnya.

Sebagai pelopor bank sampah perkantoran, pihaknya akan melakukan promosi dan sosialisasi kepada lingkungan sekitar untuk mengajak menjadi nasabah di Bank Sampah Merdeka.

“Harapannya ini menjadi pelopor bank sampah perkantoran. Selanjutnya kami akan buka kembali dua pekan lagi,” tutupnya. (rd/daf) 

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya