dukungan demokrat untuk AHY
Ratusan kader Partai Demokrat di Ibu Kota menggelar acara cap jempol darah untuk menyatakan kesetiannya terhadap Ketua Umum AHY.

RADARDEPOK.COM – Sejumlah Dewan Pimpinan Cabang dan Dewan Pimpinan Daerah menyatakan dukungannya terhadap Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Itu menjadi bentuk  perlawanan terhadap kudeta Kongres Luar Biasa atau KLB Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut) pada Jumat, 5 Maret 2021, .

Berikut ini merupakan daftar DPD dan DPC Demokrat yang menyatakan dukungannya terhadap AHY yang terangkum dari pemberitaan media.

1. DPD Demokrat DKI Jakarta 

Pada Minggu, 7 Maret 2021, ratusan kader Partai Demokrat di Ibu Kota menggelar acara cap jempol darah untuk menyatakan kesetiannya terhadap Ketua Umum AHY. Acara itu dilaksanakan di kantor DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Jalan Bambu Apus Raya, Cipayung, Jakarta Timur.

“Ini dilakukan bukan hanya sebagai bentuk loyalitas kita kepada AHY, kegiatan ini juga bagian dari sikap kita terhadap adanya ketidakadilan yang dilakukan penguasa saat ini,” ujar Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta, Santoso sambil menangis sebelum acara dimulai.

2. DPD Sulawesi Tengah 

Seluruh ketua DPC dan DPD Partai Demokrat Sulawesi Tengah atau Sulteng membuat video yang menyatakan sikap mendukung kepemimpinan AHY, agar seluruh kader tetap pada pendirian awal dan tidak terpengaruh oleh siapa pun termasuk oleh pihak-pihak yang ingin menggulingkan kepemimpinan sah AHY.

“Agar tidak terjadi kudeta, maka semua harus merapatkan barisan dari kader di tingkat akar rumput hingga ke atas. Jangan pernah terpengaruh,” ujarnya Rabu 3 Februari 2021.

3. DPC Lebak

Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Lebak, Provinsi Banten setia mendukung kepemimpinan AHY sebagai ketua partai yang sah.

“Pengurus DPC beserta seluruh kader mulai tingkat PAC, Ranting sampai Anak Ranting hingga kini solid terhadap kepemimpinan AHY,” kata Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Lebak, Ucuy Masyuri, Selasa, 9 Maret 2021.

4. DPD Papua

Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Lukas Enembe menegaskan sikapnya untuk tetap patuh dan setia terhadap kepemimpinan Ketua Umum AHY. Hal itu dituliskan dalam surat kesetiaan yang ditekennya pada 31 Januari 2021.

“Setia dan tunduk patuh kepada Partai Demokrat dan Kepemimpinan Ketum Bapak Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua MTP Bapak Susilo Bambang Yudhoyono hasil Kongres V Partai Demokrat tanggal 15 Maret 2020,” demikian bunyi surat yang diteken dengan Materai 6000 itu.

5. DPD Nusa Tenggara Barat

DPD Nusa Tenggara Barat pun menyatakan suara yang sama dengan DPD atau DPC lainnya.

“Alhamdulillah, pengurus DPD Demokrat NTB dan seluruh DPC Partai Demokrat se-NTB sudah menyerahkan surat kesetiaan kepada AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat yang sah,” kata Sekretaris DPD Partai Demokrat NTB Zainul Aidi.

6. DPD Nusa Tenggara Timur 

Sekretaris DPD Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Ferdinandus Leu memastikan seluruh kader solid mendukung kepemimpinan Ketua Umum AHY. Seluruh DPC bahkan sudah menandatangani surat loyalitas kepada AHY.

“Kami pastikan bahwa seluruh Ketua DPC yang ada di 22 kabupaten/kota solid dan tegak lurus dengan kepemimpinan AHY. Seluruh Ketua DPC sudah menandatangani pernyataan loyalitas dan kebulatan tekad mendukung AHY,” kata Ferdinandus Leu.  (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya