Beranda Pendidikan Belajar Online Tak Semudah Itu Loh

Belajar Online Tak Semudah Itu Loh

0
Belajar Online Tak Semudah Itu Loh
PEMBELAJARAN ONLINE : Guru MIT Fatahillah melakukan pembelajaran online dengan siswa kelas tiga. FOTO : KHOIRUN NISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Dunia Pendidikan mengalami perubahan dalam proses pembelajaran di masa pandemi Covid-19, baik siswa, guru maupun orang tua siswa. Mulai dari Taman Kanak-kanak (TK) hingga Perguruan Tinggi, baik negeri maupun swasta.

Sekolah yang biasanya dilakukan dengan tatap muka di kelas antara siswa dan guru, kini harus dilakukan secara daring. Perubahan yang diatur pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemendikbud), bertujuan memutus mata rantai penularan Covid-19.

Guru MIT Fatahillah, Anzani Maula menuturkan, banyak sekali kendala yang dihadapi ketika pandemi Covid-19 saat ini. Proses pembelajaran yang dilakukan secara daring, memaksa harus menggunakan gadget dan internet. “Aplikasi yang digunakan yaitu Zoom Meeeting untuk menyampaikan materi dan WhatsApp Video Call untuk tetap memantau siswa di rumah.” Tutur Anzani kepada Radar Depok.

Keluh kesah sudah pasti ada, dalam pembelajaran jarak jauh dikala pandemi Covid-19. Pembelajarn jarak jauh dirasa kurang efektif. Karena, banyaknya kendala, sehingga membuat siswa sulit memahami materi pembelajaran serta keterbatasan kuota dan juga jaringan yang terkadang buruk.

Kedepannya, diharapkan semoga pandemi Covid-19 segera berakhir hingga bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Juga bisa mengeksplorasi diri serta siswa bisa bersosialisasi dengan teman-teman di sekolah. “Tetap terus semangat dalam belajar, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa. (mg8)

Jurnalis : Khoirun Nisa

Editor : Fahmi Akbar