rtlh bojongsari
UJI DATA : Tim verifikasi RTLH sedang mengecek kondisi rumah salah satu calon penerima bantuan renovasi, di Kelurahan Duren Seribu. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Ratusan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di sejumlah kelurahan di Kecamatan Bojongsari, segera diperbaiki pada anggaran 2021.

Sekarang ini kami sedang memverifikasi setiap rumah yang akan direhabilitasi di tiap kelurahan se-Kecamatan Bojongsari jumlahnya mencapai 230 unit,” kata Analisis Ekonomi dan Pembangunan di Kecamatan Bojongsari, Ikhwan Suryadin, Minggu (28/3).

Dia mengungkap, tujuan dari verifikasi ini untuk memastikan antara data yang dibawa dari kecamatan dengan dilapangan, tidak mengada-mengada. Sehingga rumah tersebut dipastikan sebagai rumah tidak layak huni.

Jadi verifikasi ini penting dalam rangka melihat kondisi riil rumah yang sesungguhnya. Bisa saja ketika kami tinjau untuk melakukan verifikasi ternyata rumahnya sudah diperbaiki sehingga tidak bisa dikatakan rumah tidak layak,” terangnta.

Lebih lanjut, kata dia, verifikasi RTLH Kecamatan Bojongsari, baru dilakukan di wilayah Kelurahan Duren Seribu. Sesuai usulannya sebanyak 93 RTLH yang diajukan.

Jika rumah tersebut kondisinya memang harus diperbaki, maka Insya Allah pada tahun anggaran ini direhab,” jelasnya.

Terpisah, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Duren Seribu, Dede Rojidin mengakui, usulan terkait RTLH dilakukan dari bawah, yaitu RT setempat, naik ke RW, setelah itu baru diusulkan ke kelurahan.

Kami berharap rumah yang diusulkan bisa diperbaiki oleh Pemerintah Kota Depok. Karena kondisinya sudah tidak layak, sehigga perlu direhab,” pungkasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro