Beranda Ekbis dan Hiburan BTN Syariah Buka KCS di Depok, Incar Potensi Perumahan Dan Pendidikan

BTN Syariah Buka KCS di Depok, Incar Potensi Perumahan Dan Pendidikan

0
BTN Syariah Buka KCS di Depok, Incar Potensi Perumahan Dan Pendidikan
RESMIKAN : Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar (paling kiri) bersama jajaran dari PT Bank BTN Syariah Tbk dan Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat meresmikan Unit Usaha Syariah (UUS) Kantor Cabang Syariah (KCS) BTN Depok di Felfest UI, 15 Maret 2021.FOTO:FEBRINA/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Unit Usaha Syariah (UUS) milik PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. kian ekspansif di daerah-daerah penyangga ibukota yang berlokasi di provinsi Jawa Barat. Terbaru, UUS Bank BTN meningkatkan status Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS) di Depok menjadi Kantor Cabang Syariah (KCS).

Direktur Consumer and Commercial Lending Bank BTN Hirwandi Gafar mengatakan, bisnis perseroan di kota-kota penyangga ibukota mencatatkan kinerja positif meski berada di situasi pandemi.

Lima kantor cabang syariah Bank BTN di Jawa Barat, lanjutnya, telah menorehkan kinerja melebihi target.

Selain itu, Depok pun terkenal sebagai kawasan pendidikan. Ekspansi bisnis Bank BTN di sektor pendidikan pun sejalan dengan upaya kampanye perseroan untuk investasi di masa muda melalui #hidupgakcumatentanghariini.

“Kami melihat Depok merupakan kota satelit yang menjadi pusat pemukiman dan pendidikan, karena itu kami berupaya memaksimalkan penggarapan peluang di kedua bidang di kota tersebut dengan menghadirkan KCS BTN di Depok,” jelas Hirwandi di sela pembukaan KCS Bank BTN Depok, Senin (15/3).

Kantor anyar BTN Syariah tersebut berlokasi di Plaza Lantai 2 Felfest IFC UI, Kampus UI Depok.

Menurut Hirwandi, dengan kehadiran di kawasan Universitas Indonesia tersebut, diharapkan dapat mendukung pengembangan sektor pendidikan.

“Dukungan Bank BTN dengan menyediakan berbagai produk serta layanan yang dapat memenuhi kebutuhan para civitas akademika di kampus tersebut,” ungkapnya.

Dengan peningkatan status tersebut, UUS emiten bersandi saham BBTN ini optimistis mampu menyalurkan pembiayaan sekitar Rp190 miliar pada akhir Desember 2021 atau naik sekitar 18 persen yoy di KCS Depok. Aset KCS Depok pun dibidik dapat tumbuh di level sekitar 22 persen pada akhir Desember 2021 menjadi sekitar Rp199 miliar.

Sementara itu, di Jawa Barat, BTN Syariah telah memiliki lima kantor cabang yakni KCS Bandung, KCS Bogor, KCS Bekasi, KCS Cirebon, dan KCS Tasikmalaya. Kendati berada di masa pandemi, jaringan kantor BTN Syariah tersebut berhasil mencatatkan pertumbuhan pembiayaan sebesar 7,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp5,99 triliun per Februari 2020 menjadi Rp6,45 triliun di Februari 2021. Aset UUS BTN di Jawa Barat juga tercatat tumbuh sebesar 15,07 persen yoy dari Rp5,83 per-Februari 2020 menjadi Rp6,71 triliun per-Februari 2021.

“Adapun, data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok menunjukkan angkatan kerja di kota satelit tersebut mencapai 68,62 persen dari total jumlah penduduk di wilayah tersebut yang mencapai 2,4 juta jiwa pada 2019. Selain terdapat kampus terbaik, di Depok juga tercatat ada beberapa perguruan tinggi lain seperti Politeknik Negeri Jakarta, STIE Fajar, dan Universitas Jayabaya,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengapresiasi adanya KCS Bank BTN Syariah Depok. Semoga dengan hadirnya Bank BTN Syariah di Depok bisa bermitra dengan masyarakat. Mampu membantu meningkatkan perekonomian sehingga laju pertumbuhan di Kota Depok bisa naik 5 persen di 2021. Hadirnya Bank BTN Syariah di Depok juga diharapkan mampu mendukung pengusaha baru dimana bisa naik kelas. Misal dari usaha mikro ke menengah dan seterusnya.

“Depok terus berupaya menjadi Kota Niaga dan Jasa yang religious yang berwawasan lingkungan serta hadirnya lembaga syariah menjadi salah satu bentuk mendukung didalamnya,” tutup pria yang akrab disapa IBH itu.(rd/ina)

Tentang KCS Bank BTN Syariah Depok :

– Meningkatkan status Kantor Cabang Pembantu Syariah (KCPS) di Depok menjadi Kantor Cabang Syariah (KCS).

– Incar potensi dunia pendidikan dan sektor perumahan

Jurnalis / Editor : Febrina