FESTIVAL : Koleksi busana Rumah Rahma tampil dalam Fashion Show Festival Indonesia Moskow (FIM) IV di Moskow pada Agustus 2019. FOTO;ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM  –  Indonesia kaya akan budaya apalagi pesona kain tradisionalnya. Setiap daerah memiliki kain khas yang berbeda motif serta bahannya dan paling banyak dikenal adalah baju batik serta busana motif tenun. Kini baju bercorak etnik tidak lagi terkesan kuno dan ketinggalan jaman. Pasalnya di tangan para desainer baju etnik terlihat jauh lebih modern, mewah, dan berkelas. Salah satunya baju hasil karya Rahmayulis Saleh dari Rumah Rahma  yang menawarkan kesan etnik dengan sentuhan fashion modern.

Rahmayulis Saleh yang akrab disapa Bunda Yoely, berprofesi sebagai wartawan selama 30 tahun di Harian Bisnis Indonesia. Dia sering meliput tentang fashion hingga menjadi pengelola halaman mode. Dimasa pensiunnya sebagai wartawan senior ia memilih untuk membuka usaha fasion etnik dan sering mengikuti pameran di luar negeri dan di Tanah Air.

“Rumah Rahma membuat beragam baju dengan sentuhan etnik yang dipadukan dengan bahan lainnya yang memberi kesan modern dan mewah saat dikenakan,” ujar Owner Rumah Rahma, Rahmayulis Saleh kepada Radar Depok.

Rahmayulis yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Humas dan Media PP IPEMI Periode 2020-2025, serta Pembina Humas Media IPEMI PD Kota Depok menjelaskan, bahwa ide untuk membuka usaha ini dimulai dari hobinya menyukai etnik Indonesia. Sudah dari 2007 ia memulai usaha, namun pada 2016 saat pensiun dari Bisnis Indonesia, dia mulai bisnis busana etnik nusantara.

Baju-baju yang dihasilkan oleh Rumah Rahma juga selalu dibawa ke event di luar negeri seperti Tong Tong fair di Belanda, Halal Moscow 2018, Baghdad International Fair, Festival Indonesia Moskow (FIM) IV pada Agustus 2019. Adanya festival ini menjadi ajang untuk mengenalkan budaya Indonesia ke dunia, salah satunya dengan baju buatan Rumah Rahma.

“Produk Rumah Rahma sering mengikuti festival atau pameran yang ada di luar negeri, karena menjadi salah satu ajang pengenalan budaya Indonesia di luar negeri,” tegasnya.

Baju etnik dari Rumah Rahma beragam, ada outer, blouse, gamis, tunik dan lainnya. Baju yang diproduksi sangat terbatas dengan menggunakan bahan etnik dan perpaduan bahan yang senada. Harganya mulai dari Rp250.000 hingga Rp1 jutaan.

“Untuk kalian yang ingin melihat koleksi dari Rumah Rahma bisa langsung mengunjunginya di Goodie Good Gallery yang berlokasi di lantai 3 DMALL,  Jalan Margonda Raya, Kota Depok.(rd/mg5)

Tentang Butik Rumah Rahma :

  • Produknya Etnik namun Modern
  • Sering ikut pameran di luar negeri
  • Harganya terjangkau mulai dari Rp250 ribuan

Jurnalis : Desduary

Editor : Febrina