Beranda Satelit Depok Cimanggis Buat 10.000 Lubang Biopori

Cimanggis Buat 10.000 Lubang Biopori

0
Cimanggis Buat 10.000 Lubang Biopori
SIMBOLIS : Kecamatan Cimanggis launching pembuatan lubang biopori, yang dilaksanakan di lingkungan RW 2 Kelurahan Curug, Rabu (24/3). FOTO: LULU/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Dalam rangka merealisasikan program 100 hari kerja Walikota Depok, Kecamatan Cimanggis turut serta dengan membuat 10.000 lubang biopori yang akan disebar dienam Kelurahan yang ada di wilayahnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Etty Suryahati menerangkan, bahwa kegiatan ini sudah hampir terlaksana disemua wilayah yang ada di Kota Depok.

“Cuma karena ini baru kegiatan awal, sehingga baru dilaksanakan di tingkat RT dan RW,” ucapnya kepada Radar Depok, Rabu (24/3).

Dirinya menambahkan, kegiatan pembuatan lubang biopori ini juga akan dilombakan di Kota Depok.

“Ada beberapa kategori yang nantinya menjadi penilaian kami, diantaranya kuantitas, kualitas, partisipasi masyarakat dan inovatif,” jelasnya.

Sementara, Sekretaris Kecamatan Cimanggis, Abdul Mutolib menerangkan, bahwa Rabu (24/3) dilakukan launching pembuatan lubang resapan biopori, yang dilaksanakan di wilayah RW 2 Kelurahan Curug.

“Untuk awalan kami buat 20 lubang di RW 2 Kelurahan Curug. Selanjutnya, kegiatan ini akan dilakukan di enam kelurahan yang ada di Cimanggis. Dari 92 RW se-Kecamatan, setiap RW nantinya akan membuat 108 atau 110 lubang biopori,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Abu sapaannya menjabarkan, pembuatan lubang resapan biopori ini juga harus menjadi gerakan bersama, bukan hanya menjadi program pemerintah saja.

Dalam kegiatan ini, dihadiri oleh Ketua FKKS Cimanggis, Lurah Curug, LPM Curug, perwakilan pelaku usaha, para Ketua RT, RW, Katar, Pokja Sehat serta kader PKK.

“Karena ini memiliki banyak manfaat bagi lingkungan, terutama mengurangi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah,” tandasnya.(rd/tul)

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Febrina