lubang biopori cipas
SINERGI : Lurah Cisalak Pasar bersama dengan ketua lingkungan tengah membuat lubang resapan biopori, di lingkungan RT RT 7/5 Cisalak Pasar, Kecamatan Cimanggis, Jumat (26/03). FOTO : LULU/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CISALAK PASAR – Mengurangi adanya genangan air ketika hujan deras, sekaligus mendorong program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Kecamatan Cimanggis siap membuat 1.650 lubang biopori.

Lurah Cisalak Pasar Syahruddin mengungkapkan, dimulai hari ini (26/03) dilakukan pembuatan lubang biopori, yang memiliki banyak manfaat bagi lingkungan.

“Target kami untuk Cisalak Pasar sekitar 1.650 lubang biopori dan tersebar di sembilan RW,” ucapnya kepada Radar Depok.

Syahruddin berpesan, untuk Ketua RW di wilayahnya, agar turut aktif dalam mensukseskan pembuatan lubang biopori ini.

“Karena ini merupakan solusi dari genangan air di wilayah dan bentuk antisipasi mengurangi debit air ketika banjir yang melimpah, serta menjadi wadah resapan air. Manfaat lain yaitu, untuk generasi mendatang hal ihwal ketersediaan cadangan air di bumi,” tuturnya.

Sementara, Ketua RW 5, Syamsuri Abdurrahman menerangkan, pihaknya menyambut baik apa yang menjadi program Pemkot Depok tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermamfaat dan merupakan satu kepedulian pemerintah terhadap masyarakat diwilayah Kota Depok,” ujarnya.

Dirinya menyebutkan, secara simbolis sudah dibuat delapan lubang, bersama dengan Sekretaris Kecamatan Cimanggis, Lurah, Babinsa, para ketua lingkungan serta tokoh masyarakat.

“Yang hari ini kami buat baru delapan lubang, namun program ini akan kami terus lanjutkan di masing-masing RW,” tandasnya. (rd/tul)

 

Jurnalis : Lutviatul Fauziah

Editor : Pebri Mulya