Beranda Satelit Depok Curug Mau Buat 100 Lubang Biopori

Curug Mau Buat 100 Lubang Biopori

0
Curug Mau Buat 100 Lubang Biopori
PERENCANAAN : Aparatur Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, sedang melakukan rapat pembahasan program pembuatan lobang biopori. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, CURUG – Aparatur pemerintahan mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat kelurahan di Kota Depok, kini tengah berlomba-lomba untuk menudukung terealisasinya salah satu program Walikota Depok, yaitu pengadaan lubang biopori.

Saat ini, Kelurahan Curug, Kecamatan Bojongsari, juga sedang mengupayakan agar pembuatan lubang biopori bisa segera dieksekusi di sana dalam waktu dekat.

Lurah Curug, Juanda mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan pembahasan terkait rencana pembuatan lubang biopori, dengan melibatkan RT dan RW.

Kita sudah musyawarah dengan Ketua Lingkungan di sini perihal pembuatan lubang biopori ini,” kata Lurah Curug, Juanda, Senin (29/3).

Kata dia, dari hasil rapat dengan ketua lingkungan itu, mereka berencana akan membuat sedikitnya 100 lubang bipori di wilayah mereka. “Insya Allah paling dikit kita mau buat 100 lubang biopori,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dalam rapat pembahasan itu, pihaknya berencana untuk membuat lubang biopori di beberapa lokasi seperti rumah warga, sekolah, hingga pesantren.

Pembuatan biopori ini akan dilakukan di hampir semua tempat, khususnya tempat tinggal dan lingkungan sekolah,” bebernya.

Dirinya menuturkan, penentuan lokasi pembuatan biopori akan memperhatikan ketersediaan lahan, khususnya di rumah-rumah warga. Minimal, rumah warga tersebut harus memiliki halaman paling tidak 10 meter.

Ketersediaan halaman dibutuhkan agar penyerapan lubang biopori ini bisa maksimal,” terangnya.

Tujuan pembuatan lubang biopori ini, untuk mencegah banjir, kemudian melestarikan sumber daya air. Sehingga sumber air bisa terus tersedia hingga generasi mendatang. “Ini perlu dukungan semua pihak baik RT, RW, Karang Taruna. PKK serta elemen masyarakat lain agar program ini dapat berjalan dengan baik,” tukasnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro