Beranda Utama Depok Bentuk Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah

Depok Bentuk Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah

0
Depok Bentuk Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah
Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah Kota Depok, Wahid Suryono

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menindaklanjuti persiapan pemulihan ekonomi dari pemerintah pusat, Walikota Depok, Mohammad Idris membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan Ekonomi Daerah (PED) Kota Depok.

Ketua Satgas PED Kota Depok, Wahid Suryono mengatakan, Satgas ini terbentuk berdasarkan SK Walikota No 821.27/114/Kpts/Ek/Huk/2021 tentang satuan tugas pemulihan ekonomi daerah pada 1 Maret 2021. “Satgas ini beranggotakan perangkat daerah lingkup ekonomi serta tim ahli,” kata Wahid kepada Radar Depok, Senin (29/3).

Satgas Pemulihan Ekonomi tersebut, menurutnya bukanlah entitas atau institusi tersendiri yang bekerja, dan memiliki program sendiri. Melainkan, masuk ke dalam kerangka Pemkot Depok untuk melakukan sinergi dengan perencanaan yang dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Jadi bukan berdiri sendiri. Kami lebih mengoordinasikan, dan menyinergikan melakukan percepatan, menemukan bottleneck atau permasalahan yang ada. Kemudian untuk alokasi anggaran pemulihan ekonomi berada pada OPD masing-masing,” beber Wahid.

Kedepan, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal untuk pertama kalinya. Terdapat beberapa poin yang akan dibahas dalam rapat tersebut. Pertama, Satgas akan mengevaluasi terlebih dahulu kondisi perekonomian Kota Depok, terutama dampak pandemi pada setahun terakhir.  “Kami ingin melihat sektor apa saja yang terdampak, seberapa besar dampaknya, akan dipetakan. Sedang kami kaji datanya baik statistik BPF, Bank Indonesia, kemudian dari Kementrian terkait,” tuturnya.

Secara fiskal, lanjutnya, Satgas akan melihat upaya apa saja yang bisa, sedang, dan akan dilakukan. Terlebih memberikan kebijakan-kebijakan di bidang tersebut.  “Karena Pemda ini kewenangannya kan di bidang fiskal. Kami terkait PED ini lebih memberikan kebijakan, dan akan coba dirumuskan. Apa saja aksi untuk PED, kira-kira akan fokus kesana dulu karena ini betul-betul awal bagi kami,” tutupnya. (daf)

 

Jurnalis: Daffa Syaifullah

Editor: M. Agung HR