Beranda Metropolis Depok Kaji Nonton Bioskop Tes GeNose

Depok Kaji Nonton Bioskop Tes GeNose

0
Depok Kaji Nonton Bioskop Tes GeNose
SEPI: Salah satu bioskop di Kota Depok menerapkan prokol kesehatan yaitu dengan jaga jarak di ruang tunggu sinema, beberapa waktu lalu. FOTO : PUTRI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Beberapa waktu lalu, Pemerintah Pusat mewacanakan tes GeNose kepada calon penonton bioskop. Hingga kemarin (14/3), di Kota Depok  belum menerapkannya dan masih berpacu dalam peraturan lama.

Kasi Pengembangan Destinasi dan Industri Usaha Pariwisata Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli mengatakan, sudah mengetahui wacana yang telah diberikan  Pemerintah Pusat terkait tes GeNose yang akan dilakukan kepada para pengunjung bioskop.

“Sudah mengetahui wacana tersebut, namun untuk kebijakannya kan belum diterapkan dan diputuskan,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Minggu (14/3).

Menurut Christine, terkait wacana  tes GeNose bagi para pengunjung bioskop harus jelas dan dikaji lagi. Seperti biaya tes GeNosenya akan disediakan pihak bioskop, pihak mal, atau dari pemerintah. “Kalau memang disediakan oleh pemerintah akan seperti apa mekanismenya. Kemudian kalau memang mandiri,  akan berdampak seperti apa nantinya,” ucapnya.

Christine menjelaskan, apabila biaya tes GeNose dilakukan secara mandiri, harus dipikirkan dampak ke depannya. Akan berpengaruh kepada pendapatan bioskop atau tidak. “Pasalnya yang sama-sama diketahui, bioskop sekarang ini juga kan sepi. Jangan sampai malah makin sepi nantinya,” ujar dia.

Saat ini, bioskop Kota Depok masih menggunakan peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Daerah. Terkait kapasitas bioskop yang hanya berjumlah 30 persen dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. “Kemudian kursi bioskop juga dibuat berjarak, sesuai dengan peraturan awal sejak bioskop kembali,” sambungnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menyatakan pemerintah akan menyediakan sistem pemeriksaan Covid-19 melalui tiupan napas atau GeNose di gedung-gedung bioskop.

Penyediaan tes GeNose ini mengatakan, upaya yang diberikan bertujuan untuk menghidupkan kembali industri perfilman di tanah air. Dan penerapan GeNose dilakukan demi menjamin keamanan penikmat film agar tidak ragu pergi ke bioskop dan bisa kembali menikmati film produksi sineas tanah air.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar