Beranda Metropolis Depok Tuan Rumah Closing Jafest 2021

Depok Tuan Rumah Closing Jafest 2021

0
Depok Tuan Rumah Closing Jafest 2021
PERTEMUAN: Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono bersama Kepala Dsiporyata Kota Depok, Wijayanto saat melakukan pertemuan dengan panitia Jafest 2021. FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kota Depok akan menjadi tuan rumah dari kegiatan closing Jawa Barat & Tourism Festival 2021 (Jafest) 2021. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan panitia Jafest bersama dengan Wakil Walikota Depok dan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, panitia dari Jafest datang diskusi bersama untuk menyampaikan closing Jafest.

“Panitia dari Jafest antara lain berasal dari alumni Universitas Padjajaran (Unpad), ITB, UI, dan IPB,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (12/3).

Lebih lanjut, dia mengatakan, rencananya closing Jafest akan digelar pada 25 Maret 2021 mulai pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Namun, terkait tempatnya belum ditentukan. Saat closing Jafest nanti penonton akan dibatasi dengan jumlah maksimal 50 orang, sisanya dilakukan secara virtual. “Untuk tempatnya belum ditentukan, apa nanti akan di Balaikota Depok atau dimana,” sambungnya.

Menurut Imam, Depok dipilih sebagai tempat closing Jafest karena memang panitia berasal dari Unpad, IPB, ITB, dan UI. Dan UI berada di Depok, sehingga digelar di Depok. Sekaligus, Jawa Barat memiliki budaya yang banyak.

“Selain budaya Sunda, di Depok juga punya budaya Betawi yang kental. Sehingga nanti akan ada kolaborasi antara budaya Sunda dan Betawi. InshaAllah kami akan berpartisipasi dalam penampilan budaya Betawinya,” ucap Imam.

Budaya Betawi yang akan ditampilkan seperti palang pintu, lagu-lagu bernada Betawi dan lainnya. “Kepinginnya juga menggelar hal budaya kental yang dimiliki Depok dan Jawa Barat,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Disporyata Kota Depok, Wijayanto mengatakan, saat ini closing Jafest yang akan dilaksanakan di Kota Depok masih secara virtual dan penutupannya tidak ada penonton. “Jadi yang ada di tempat hanya 50 orang, sisanya virtual,” tuturnya.

Dia menjelaskan, Kota Depok hanyalah tuan rumah yang diminta untuk menjadi tempat closing dari Jafest. Panitianya sendiri berasal dari Jawa Barat. “Untuk tempatnya masih belum ditentukan, kemungkinan di alun-alun Kota Depok atau halaman kantor Pemkot Depok,” ucapnya.

Pengurus Ikatan Alumni UI (Iluni) sekaligus Ketua Umum Jafest, Andre Rahardian mengatakan, tawaran terkait kolaborasi pembangunan bersama sivitas kampus UI Kota Depok disambut dengan penuh antusias oleh Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono yang notabenya juga alumni UI.

“Tema yang dibicarakan diantaranya adalah kerjasama program Pentas Budaya berupa Jafest 2021 yang secara serempak dilaksanakan bersama Pemerintah Kota/Kabupaten lainnya seperti Bandung, Bogor, Cirebon, Garut, dan Depok yang akan menjadi tuan rumah closing Jafest 2021,” tuturnya.

Depok yang menjadi tuan rumah dari Jafest akan digelar dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan (Prokes). “Semoga gagasan dari pertemuan produktif ini bisa mewujud, serta jadi semangat yang sama untuk memajukan Kota Depok yang menjadi terasnya UI,” pungkasnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR