javafest
JAFEST 2021: Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono saat mengisi acara dalam rangkaian acara Jafest 2021, Lantai 10 Balaikota Depok, Minggu (28/3). FOTO : PUTRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Budaya di Kota Depok sudah mulai diakui, dengan dijadikannya tuan rumah dalam acara Jawa Barat Culture and Tourism Festival (Jafest) 2021. Yang juga diharapkan mampu membantu pemulihan ekonomi di sektor pariwisata Kota Depok.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, sektor wisata diharapkan bisa bangkit dan melewati fase pandemi Covid-19. “Insha Allah kami optimis ekonomi di Kota Depok bisa kembali pulih, salah satunya dengan memanfaatkan sektor pariwisata,” tuturnya kepada Radar Depok, Minggu (28/3).

Mengenai Jafest 2021, Imam menjelaskan Kota Depok baru pertama kali menjadi tuan rumah Jafest. Dan kali ini, Kota Depok menjadi tempat salah satu rangkaian dari Jafest. “Dengan Kota Depok menjadi tuan rumah, itu artinya budaya Kota Depok sudah diakui di Jawa Barat,” lanjutnya.

Dalam rangka mengembangkan wisata di Kota Depok, perlu adanya sinergisitas antara Kota Depok dengan Jawa Barat, sebagai induk provinsi. Dan dengan terjalinnya sinergisitas dengan panitia Jafest 2021, bisa kembali mengangkat kebudayaan dan memperkenalkan kebudayaan Kota Depok.

Selain itu, Jafest 2021 merupakan sebuah event yang juga dijadikan media untuk menyampaikan pesan keindahan kepada anak bangsa. Yaitu, bahwa keberagaman budaya di Indonesia memiliki potensi yang luar biasa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok, Wijayanto menjelaskan, Jafest merupakan kegiatan alumni empat Universitas ternama di Jawa Barat, yaitu IPB, UI, UNPAD, dan ITB yang mengangkat kebudayaan dan sektor pariwisata dalam menjawab masalah Covid-19. “Sehingga bisa membangkitkan kembali ekonomi masyarakat terkait sektor pariwisata,” tuturnya.

Pembukaan Jafest sebelumnya telah digelar di Kota Bogor, kemudian grand opening dilaksanakan di Gedung Sate Kota Bandung. Dan Kota Depok bertempatkan sebagai tuan rumah dari rangkaian acara Jafest. “Semoga dengan menjadinya Kota Depok sebagai tuan rumah Jafest 2021 bisa memperkenalkan kebudayaan di Kota Depok ke masyarakat banyak,” pungkasnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar