dewan
Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Yetti Wulandari

RADARDEPOK.COM – Adanya rencana Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggodok lelang Sekretaris Daerah (Sekda), disambut baik wakil rakyat. Keputusan tersebut dinilai tepat, mengingat waktu jabatan Penjabat (Pj) Sekda hanya tiga bulan sejak menggantikan sekda sebelumnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Yetti Wulandari mengatakan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 91/2019, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) diangkat untuk melaksanakan tugas sekretaris daerah yang berhalangan melaksanakan tugasnya.

“Salah satunya di Depok, Sekda di Depok pensiun. Dan terjadi kekosongan jabatan, kemudian diangkatlah Pj Sekda,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Senin (2/3).

Masa jabatan Pj Sekda sebagaimana sudah jelaskan adalah memiliki waktu paling lama enam bulan. Itupun apabila sekda sebelumnya, tidak bisa melaksanakan tugas seperti mendapat penugasan yang berakibat Sekda tidak dapat melaksanakan tugas dan fungsinya. Atau apabila Sekda menjalankan cuti selain di luar tanggungan negara.

Dan apabila terjadi kekosongan sekretaris daerah, Pj Sekda yang diangkat hanya bisa meneruskan jabatannya paling lama tiga bulan. “Kalau terjadi kekosongan Sekda, Pj hanya bisa menjabat paling lama tiga bulan saja,” tegasnya.

Sebelumnya, kepada Harian Radar Depok, Pj Sekda Depok, Sri Utomo menyebut, saat ini BKPSDM Kota Depok sedang membahas terakit lelang jabatan Sekda. “Saat ini belum ada lelang jabatan Sekda,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Minggu (28/2).

Namun, menurutnya, saat ini BKPSDM masih mempersiapkan untuk lelang jabatan Sekda Depok. Seperti mengkaji dan lainnya. “BKPSDM kan harus mempersiapkan berbagai hal, salah satunya melakukan kajian,” ucapnya.

Sri Utomo memastikan proses lelang jabatan Sekda Depok akan segera, hanya masih menunggu BKPSDM membuat surat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Belum bisa jawab minggu depan atau kapan, yang pasti segera,” tegasnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar