Beranda Metropolis DKP3 Janji Tingkatkan Mutu Ikan Hias Depok

DKP3 Janji Tingkatkan Mutu Ikan Hias Depok

0
DKP3 Janji Tingkatkan Mutu Ikan Hias Depok
PEMBINAAN: DKP3 Kota Depok saat melakukan pembinaan kepada masyarakat, beberapa waktu lalu. ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, berupaya meningkatkan mutu ikan hias di Kota Depok dengan berbagai cara. Salah satunya, dengan pembinaan kepada masyarakat dalam membudidayakan ikan hias.

Kepala Bidang Perikanan DKP3 Kota Depok, Nancy Olivia Rossa mengatakan, guna meningkatkan mutu ikan hias di Kota Depok, DKP3 memiliki sembilan orang penyuluh perikanan.

“Dari kesembilan penyuluh tersebut, mereka di hire Kementerian Kelautan dan Perikanan dan dipekerjakan di Kota Depok. Ada yang memang PNS dan kontrak,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Minggu (14/3).

Lebih lanjut, Nancy menjelaskan, sebenarnya DKP3 memiliki pembinaan selain kelompok ikan hias. Antara lain, kelompok ikan kosumsi pembesaran, serta kelompok pembenihan ikan. Menurutnya, yang sedang booming saat ini adalah kelompok ikan hias. “Karena sama-sama kita tahu, bahwa kelompok ikan hias tidak butuh balok kolam. Bisa di garasi bahkan kamar. Terlebih lagi saat pandemi, banyak yang memanfaatkan waktu di rumahnya,” jelasnya.

Nancy menambahkan, apabila ada masyarakat yang ingin mendapatkan binaan dari DKP3 bidang perikanan, bisa bersurat melalui RT/RW setempat. Jadi, apabila ada beberapa pembudidaya, bisa dikumpulkan dan nantinya akan dilakukan pembinaan dari DKP3. “Karena memang unit pribadi belum bisa tercover, karena jumlah penyuluh terbatas. Jadi nanti masyarakat bisa minta pembinaan dari RT atau RW setempat,” ucapnya.

Nancy berpesan, agar para pembudidaya ikan hias terus berinovasi, karena menurutnya Kota Depok sangat berani dalam berinovasi di ikan hias. “Depok itu keren, berani mengkawinkan ikan hias. Jadi punya varian baru, bahkan pernah import sampai ke Korea Selatan (Korsel),”tutupnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar