lucing disuntik
VAKSINASI: Petugas DKP3 saat mendatangi rumah masyarakat untuk vaksinasi hewan peliharaan masyarakat, Senin (29/3). ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM – Tak ingin penyakit rabies yang ditularkan hewan berajalela di Kota Depok. Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Kota Depok mentargetkan 500 ekor hewan tervaksinasi rabies. Vaksinasi sudah dimulai 29 Maret sampai 1 April 2021.

Kepala DKP3 Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan, DKP3 memiliki pelayanan vaksinasi bagi hewan dan terdapat empat jenis. Antara lain, vaksinasi brucellosis, vaksinasi rabies, vaksinasi penyakit anthraks, dan vaksinasi Avian Influensa (flu burung).

“Pada kali ini, kami menggelar vaksinasi rabies yang ditujukan kepada hewan-hewan penular rabies (HPR) yaitu kucing, anjing, musang, monyet. Dengan target 500 hewan di vaksinasi,” tuturnya kepada Harian Radar Depok, Senin (29/3).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi rabies dilakukan se-Kota Depok, DKP3 berkoordinasi dengan 63 kelurahan. “Kami berkoordinasi dengan kelurahan, mereka tiap tahun sudah punya data peliharaan mana yang akan di vaksinasi rabies, menyasar ke 63 kelurahan,” lanjutnya.

Vaksinasi rabies sendiri diperlukan guna melindungi masyarakat, terhadap  penularan penyakit yang berasal dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya. Sehingga diperlukannya vaksinasi, guna mencegah penyakit yang menularkan.

“Namun, tidak setiap kasus gigitan HPR dinyatakan positif rabies. Disarankan, bagi masyarakat yang terkena gigitan HPR  harus melapor. Nanti, kami tangani hewannya dan orang yang terkena gigitan ditangani oleh puskesmas,” ujarnya.

Sementara, Kepala Bidang Peternakan dan Keswan DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan, setiap tahunnya DKP3 memiliki target dalam vaksinasi hewan. Dan kebetulan, dalam vaksinasi rabies pertama di 2021, DKP3 mentargetkan ada sebanyak 500 ekor hewan yang tervaksinasi.

DKP3 sendiri memiliki petugas yang siap menyasar ke 63 kelurahan, guna memenuhi target vaksinasi rabies pada kali ini. “Kami sudah  memberikan surat tugas sesuai jadwal dan wilayah  masing-masing,” pungkasnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa 

Editor : Fahmi Akbar