Dinsos ODHA
PELEPASAN: Dinas Sosial Kota Depok melakukan pelepasan kepada Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) untuk mengikuti pelatihan penguatan ke Loka Rehabilitasi Sosial (LRS) Kahuripan, di Lantai 6 Balaikota Depok, Senin (8/3). FOTO: ISTIMEWA

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok melepas dua Orang Dengan HIV dan Aids (ODHA) untuk mengikuti pelatihan dan penguatan di Loka Rehabilitasi Sosial (LRS) Kahuripan, Sukabumi, Jawa Barat.

“Kami mewakili pak Wakil Walikota Depok, hari ini (8/3) ada dua ODHA yang Dinsos Kota Depok berangkatkan ke LRS Kahuripan, Sukabumi,” tutur Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana.

Usman mengatakan, kedua orang tersebut nantinya akan diberikan kegiatan-kegiatan yang lebih kepada terapi psikososial dan vokasional.

“Mereka nanti di sana akan bergabung bersama ODHA lain. Dan diberikan kegiatan-kegiatan yang fokus pada psikososial dan vokasionalnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, syarat ODHA mengikuti pelatihan dan penguatan di LRS Kahuripan, Sukabumi, Jawa Barat adalah memiliki identitas diri, BPJS, rekomendasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Dinsos Kota Depok.

“Mereka direkomendasikan untuk membawa persediaan obat anti-retroviral agent (ARV) untuk sebulan,” tuturnya.

Selain itu, kedua ODHA mendapatkan bantuan sebesar Rp1,5 juta untuk pemenuhan nutrisi. Diharapkan, nantinya kedua ODHA yang mengikuti pelatihan dan penguatan setelah keluar dari LRS bisa menjadi lebih baik.

“Kami harapkan, mereka bisa menjadi lebih baik nantinya. Dan bisa menjalani hidup kembali seperti biasanya,” tutupnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR