buka
ILUSTRASI: Salah satu tempat bermain anak sepi pengunjung di saat pandemi Covid-19. FOTO : PUTRI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM – Setelah beberapa sektor pariwisata sudah mulai dibuka, disusul dengan pembukaan bioskop. Kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah memperbolehkan dibukanya kolam renang dan arena bermain anak, berdasarkan Peraturan Walikota Depok Nomor 15 Tahun 2021.

Kasi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Disporyata Kota Depok, Christine Desima Arthauli mengatakan, terkait pembukaan arena bermain dan juga wisata kolam renang, sudah diberikan draftnya kepada Walikota Depok.

“Kemarin sudah sampai dengan draftnya, kemudian pembicaraan dengan Satgas Covid-19, jadi tinggal menunggu tanda tangan dan SK dari Walikota terkait pembukaan arena bermain dan wisata kolam renang,” tuturnya kepada Radar Depok, Jumat (26/3).

Christine menyebutkan, dalam pembukaan kembali arena bermain dan wisata kolam renang, pengunjung masih akan dibatasi. Seperti kolam renang dibatasi dengan 30 persen pengunjung dan arena bermain anak dibatasi dengan 25 persen pengunjung. “Karena masih di tengah pandemi Covid-19, maka dari itu dibatasi dulu pengunjungnya. Sama seperti yang lain-lainnya,” ucapnya.

Sementara bagi tempat wisata yang sudah buka di Kota Depok, Christine menyebut masih dilakukan pembatasan pengunjung. Yaitu sebesar 30 persen, mengikuti aturan yang telah ada. Pihaknya, pun selalu melakukan monitoring atau pemantauan kepada tempat wisata yang memang sudah buka.

“Kalau pelanggaran kecil yang terjadi di tempat wisata, kami tidak mau menutup mata, pasti ada saja. Namun, sejauh masyarakat atau pengunjung masih mau ditegur dan diingatkan, kemudian mau memperbaiki itu masih bisa ditolerir. Kami juga melakukan pendekatan yang humanis kepada para pengunjung,” jelasnya.

Bahkan, pihaknya selalu menjalin komunikasi dengan unsur kecamatan tempat wisata tersebut berdiri, sehingga tempat wisata bisa terpantau. “Kami juga melakukan komunikasi secara online, sehingga bisa memantau kapan saja dari jarak jauh,” sambungnya.

Christine berharap, walaupun tempat wisata, arena bermain, dan lainnya sudah mulai dibuka kembali, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dimanapun berada. Mengingat kondisi sekarang masih pandemi.

“Dalam pemulihan ekonomi juga kan harus mendukung pariwisata, namun jangan lupa atau abai akan prokes. Jangan sampai nanti malah terjadi lonjakan kasus apabila dibuka, jadi harus sama-sama menjaga,” pungkasnya.(rd/dis)

Jurnalis : Putri Disa

Editor : Fahmi Akbar