ikan tuna indonesia terbesar
Sumber bridging tuna terbesar di dunia, ada di Laut Banda, Indonesia.

RADARDEPOK.COM, JAKARTA – Pemerintah memetakan 11 Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI), dan sudah didaftarkan ke Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Ini berkaitan dengan┬ásumber daya ikan yang melimpah di Indonesia, bahkan memiliki wilayah dengan sumber ikan tuna terbesar di dunia.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Sjarief Widjaja mengatakan, pemetaan wilayah tersebut menyesuaikan dengan karakteristik kawasannya. Misalnya, di wilayah Timur yaitu Papua yang melekat dengan Australia, sehingga lautannya rata-rata dangkal dan berpasir.

Sementara wilayah Sulawesi dan Maluku merupakan lautan teduh dan dalam. Di sana, terdapat sumber ikan tuna terbesar.

“Sulawesi dan Maluku lautannya teduh, jadi lautnya mesti dalam. Di situ ada sumber bridging tuna terbesar di dunia, ada di Laut Banda. Jadi ini peluang,” kata kata Sjarief.

Dia menilai para pengusaha Tanah Air bisa memanfaatkan potensi sumber daya ikan yang besar di Indonesia.

“Kita mungkin memang sedikit keluar dari Jakarta, karena bisnis maritim tidak ada di Jakarta tapi ada di ujung-ujung,” tuturnya.

Sjarief mengatakan, total potensi ikan Indonesia saat ini sebanyak 12,54 juta ton per tahun. Ada peluang bisnis ratusan triliun.

“Kalau dikalikan dengan harga 30 ribu per kg, misalnya, kita bisa bayangkan berapa yang bisa kita dapatkan. Hampir Rp 375 triliun yang bisa kita olah,” jelasnya. (rd/net)

 

Editor : Pebri Mulya