boks rapid tes
DETEKSI : Rapid tes dan swab antigen dari Polsek Pancoran Mas kepada warga RW12 Kelurahan/Kecamatan Cipayung, Kamis (4/3). IST

Satu tahun keberadaan Covid-19, membuat semua stakeholder bahu membahu dalam menangani penyebaran korona di lingkungan. Mulai dari tingkat lingkungan oleh pengurus RT/RW hingga tiga pilar. Salah satunya dengan penerapan praktik Tracing, Testing dan Treatment (3T) dengan rapid tes dan swab antigen.

Laporan: Daffa Andarifka Syaifullah

RADARDEPOK.COM, Terik matahari sangat menyengat kala itu. Tampak beberapa motor terparkir di depan sebuah bangunan berwarna putih. Disitu terpampang jelas “Kantor Sekretariat RW12” di Jalan Bulak Timur 3, Kelurahan/Kecamatan Cipayung.

Beberapa petugas berseragam cokelat juga tengah sibuk menyiapkan sesuatu. empat meja juga disusun sedemikian rupa didalam sebuah ruangan. Tas medis berukuran besar pun dibuka, berisikan alat-alat pendeteksi korona.

Pukul 09:00 WIB, terdengar langkah dari kejauhan. Satu persatu warga mulai berdatangan dan mengisi identitas diri di meja pendaftaran. Setelahnya mereka diminta untuk menunggu gilirannya masing-masing. Bila sudah masuk giliran, maka namanya akan disebutkan oleh petugas medis dari Polsek Pancoranmas.

Seiring berjalannya waktu, dua pria berseragam batik khas Aparatur Sipil Negara (ASN) pun datang, didampingi orang nomer satu di Polsek Pancoranmas dengan lambang satu bunga sudut lima pada kerah bajunya. Mereka adalah Plt Camat Cipayung yang baru, Hasan Nurdin beserta Lurah Cipayung, Suhadi.

Kegiatan ini merupakan rapid tes dan swab yang menjadi program dari Kampung Siaga Tangguh Jaya (KSTJ) dari Polsek Panmas. Mudah-mudahan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat dan bermanfaat guna mendeteksi Covid-19,” ucap Plt Camat Cipayung, Hasan Nurdin.

Hingga adzan zuhur berkumandang, sebanyak 45 orang telah mengikuti rangkaian kegiatan itu. Sebagian besarnya dinyaakan negatif dari paparan Covid-19. sisanya akan dilakukan Treatment oleh Satgas KSTJ beserta jajaran Polsek Pancoranmas.

dua orang dinyatakan positif dan langsung dilakukan penanganan,” pungkas Ketua RW12 Cipayung, Muhamad Yamin. (*)

Editor : Junior Williandro