Beranda Metropolis Kader Pendataan Keluarga Diorientasi

Kader Pendataan Keluarga Diorientasi

0
Kader Pendataan Keluarga Diorientasi
GIAT:  Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok menggelar orientasi pendataan keluarga tahun 2021 tingkat Kota Depok, di Lantai 10 Balaikota Depok, Senin (8/3). FOTO: PUTRI DISA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, sedang bersiap guna melakukan Pendataan Keluarga (PK) 2021, dengan menggelar Orientasi Kader Pendataan Keluarga Tahun 2021.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, DPAPMK menggelar orientasi bagi kader pendata yang dilaksanakan secara empat hari, tiga hari materi PK dan satu hari pelatihan android, dengan pelaksanaan mulai tanggal 8 sampai 19 Maret 2021, berlangsung di Lantai 10 Balaikota Depok dan Balai Pelatihan Koperasi (Balatkop).

Nessi mengatakan, pendataan keluarga merupakan hal penting bagi pemerintah dalam menyediakan basis data keluarga. Data tersebut dapat digunakan untuk intervensi program pembangunan keluarga, kependudukan, Keluarga Berencana (Banggakencana) dan program pembangunan lainnya di Indonesia.

“Pendataan keluarga akan dilakukan pada 1 April sampai 31 Mei 2021 mendatang. Dan akan dilaksanakan secara serentak se-Indonesia, ada 3.493 kader yang akan melakukan pendataan keluarga nantinya,” tutur Nessi kepada Radar Depok, Senin (8/3).

Lebih lanjut, Nessi menjelaskan, pendataan nantinya akan dilakukan oleh para kader yang berada di tempat atau wilayah masing-masing yang memang telah terlatih. Serta dibantu juga oleh Penyuluh Keluarga Berencana dan Tim Penggerak Desa (TPD).

“Diharapkan, pendataan keluarga tahun 2021 bisa menghasilkan data yang akurat, valid, relevan, dan bisa dipertanggungjawabkan melalui proses pengumpulan, pengolahan, penyajian, penyimpanan, serta pemanfaatan data dan informasi kependudukan dan keluarga,” jelasnya.

Pelatihan yang diberikan kepada kader ada dua, yaitu pelatihan materi pendataan keluarga 2021 dan pelatihan melalui handphone berbasis Android. Dan terdiri dari dua angkatan, angkatan satu meliputi manager pengelola tingkat kecamatan, manager data, supervisor wilayah Kecamatan Cimanggis, Tapos, Cinere dan Limo.

“Sedangkan angkatan dua terdiri dari supervisor dari wilayah Kecamatan Sukmajaya, Cilodong, Pancoranmas, Beji, Cipayung, Sawangan, dan Bojongsari,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Keluarga Berencana DPAPMK Kota Depok, Intan Yustisiawati mengatakan, pada tahun ini ada sebanyak 519.328 Kartu Keluarga (KK) yang akan didata. “Maka dari itu, kami melakukan persiapan yang matang, serta menggelar kegiatan orientasi dan pelatihan pendataan keluarga kepada tenaga lapangan,” tutunya.

Intan berharap, para peserta kegiatan orientasi bisa hadir penuh untuk mengikuti materi yang akan diberikan. “Semoga para peserta tetap semangat dalam mengikuti orientasi pelatihan ini,” tutupnya. (rd/dis)

 

Jurnalis: Putri Disa

Editor: M. Agung HR