Beranda Satelit Depok Kelurahan Bojongsari Ditunjuk jadi Lokus P2WKSS

Kelurahan Bojongsari Ditunjuk jadi Lokus P2WKSS

0
Kelurahan Bojongsari Ditunjuk jadi Lokus P2WKSS
BAHAS PROGAM : Kunjungan DPAPMK ke Kantor Kelurahan Bojongsari membahas program P2WKSS 2021. FOTO : INDRA SIREGAR/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Kelurahan/Kecamatan Bojongsari terpilih menjadi lokasi fokus (Lokus) program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) 2021.

Hal ini terkuak dari kegiatan pencanangan kegiatan program P2WKSS oleh Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) kepada stakeholder disana.

Lurah Bojongsari, Plt Ilham mengatakan, lokasi kegiatan difokuskan di lingkungan RW1 dan RW2. Sebelum dipastikan menjadi lokasi pelaksanaan program, Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender (PPPUG), Kota Depok, Bety Setyorni berkunjung ke lokasi tersebut.

Sudah dipastikan akan dilakukan di RW1 dan RW 2,” kata Ilham, Kamis (11/3).

Ilham mengungkapkan, pada saat pelaksanaan P2WKSS di RW1 dan RW2, nantinya akan dibenahi berbagai unsur, mulai dari fisik, seperti jalan lingkungan, saluran air, hingga perbaikan rumah tidak layak huni.

Program ini tujuanya adalah pemberdayaan perempuan di wilayah kami, tapi unsur pendukungnya juga harus dibenahi terlebih dahulu,” bebernya.

Selain itu, dikatakannya, untuk non fisik di lingkungan akan ditata dengan melakukan penanaman obat keluarga (toga) sampai tumbuhan lainnya, sehingga lingkungan setempat menjadi hijau, indah dan asri.

Jika lingkungan ini sudah hijau, indah dan asri masyarakatnya harus peduli menjaganya sehingga kesarian lingkungan akan bertahan lama,” terangnya.

Mengenai tanaman toga dan tumbuhan lainnya, sambung dia, akan dibudidayakan. Tentunya melibatkan kelompok wanita tani setempat, termasuk mengikutsertakan warga, sehinngga lingkungan tersebut memiliki kawasan rumah pangan lestari yang dikenal dengan KRPL.

Dengan tananam ini, masyarakat menerima manfaat untuk ketahanan pangan termasuk juga obat-obatan,” ujarnya

Tidak hanya itu, dijelaskannya, dalam program P2WKSS ini warga setempat akan diberikan penyuluhan terkait keteterampilan, termasuk menerapkan perilaku hidup sehat.

Kalau keterampilan, semisal menjahit nantinya akan dilatih hingga bisa membuat sesuatu yang manfaat yang dampaknya meningkatkan ekonomi keluarga,” tutupnya. (rd/dra)

Jurnalis : Indra Abertnego Siregar

Editor : Junior Williandro