minyak jelantah sukmajaya
SISIHKAN : Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida menuangkan minyak jelantah di drop box Kantor Kecamatan Sukmajaya. FOTO : DAFFA/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, MEKARJAYA – Zakat Sukses bekerjasama dengan Kecamatan Sukmajaya mengadakan sebuah mesin drop box untuk memulai program sedekah minyak jelantah.

Manager Program Zakat Sukses, M Rizqi Akbar mengatakan, program sedekah minyak jelantah merupakan upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi pencemaran lingkungan khususnya saluran air.

“Kenapa sedekah? Karena yang mengadakan dari Lembaga Amil Zakat (LAZ). Jadi, daripada mereka membuang minyak jelantah ke saluran air yang bisa berdampak pada pencemaran lingkungan, lebih baik disedekahkan,” katanya kepada Radar Depok, Senin (8/3).

Dirinya menambahkan, minyak bekas pakai tersebut setelah terkumpul, akan diolah dengan dua cara dan menjadikannya produk bermanfaat. Seperti mendaur ulangnya menjadi sabun dan bio diesel. 

Di wilayah Kecamatan Sukmajaya, saat ini sudah ada sembilan drop box. Antara lain tujuh drop box di RW20 Kelurahan Abadijaya, 1 di Kantor Kecamatan Sukmajaya, dan 1 di TK Smart Bee Abadijaya.

“Minyak jelantah memiliki zat aktif di dalamnya yang sifatnya bagus untuk pembuatan sabun. Tetapi sabun tersebut saat ini belum komersil. Lalu kami juga saat ini baru mampu untuk mengumpulkan minyak jelantah sekitar 3 ton per bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Kota Depok, Elly Farida mengapresiasi salah satu inovasi Zakat Sukses yang bekerjasama dengan Kecamatan Sukmajaya dan Tim Penggerak PKK dalam rangka penanganan minyak jelantah.

“Seperti yang kita lihat adanya program ini dapat bermanfaat untuk mengolah minyak bekas. Mudah-mudaham akan memberi satu keberkahan untuk menciptakan smart health be city untuk kota yang hijau bersih,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi mengajak masyarakat yang hendak menimbang sampah untuk ditimbang di Bank Sampah Merdeka sekaligus dapat memberikan minyak jelantahnya di drop box setiap hari Jumat.

“Mari jangan buang minyak jelantah ke sembarang tempat, lebih baik dikumpulkan dan disedekahkan kepada Zakat Sukses melalui drop box di Kantor Kecamatan Sukmajaya. Disamping menjaga lingkungan, tetapi juga kesehatan masyarakat,” tutupnya. (rd/daf)

 

Jurnalis : Daffa Syaifullah

Editor : Pebri Mulya