Beranda Satelit Depok KWT Depok Jaya Wujudkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi

KWT Depok Jaya Wujudkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi

0
KWT Depok Jaya Wujudkan Ketahanan Pangan Saat Pandemi
TANGGUH : Lurah Depok Jaya, Herman bersama kader PKK, saat meninjau KWT Depok Jaya, yang berada di RW7. RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK JAYA – Di masa adaptasi kebiasaan baru. Keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT) semakin penting. Salah satunya di Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoranmas.

KWT nyata sejalan dengan program Perkarangan Pangan Lestari yang digagas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Pertanian (DKP3) Kota Depok, dalam upaya meningkatkan ketersediaan, dan pemanfaatan pangan yang berkelanjutan.

Lurah Depok Jaya, Herman mengatakan, KWT di Depok Jaya terus produktif, meski ditengah pandemi. Lokasinya di RW7. Kader PKK turut membantu.

Berbekal bantuan dari dinas, mereka menanam kangkung, bayam, sawi, cabai, dan kembang kol. Selain sayur mereka juga menanam buah–buahan dan rempah–rempah,” ungkapnya, Kamis (25/3).

Tak sampai disana. Pihaknya juga membudidaya ikan lele. Memanfaatkan lahan perkarangan yang disediakan oleh kelurahan, KWT dan PKK menggunakan irigasi kapiler.

Model budidaya tanaman dalam polybag atau wadah yang berisi akses air terus menerus. Sistem ini juga diintegrasikan dengan budidaya ikan. Sehingga memproduksi sayuran. Pada saat bersamaan kebutuhan untuk hewan juga terpenuhi.

Sejauh ini dengan pekarangan pangan dan budidaya lele ini masyarakat merasa sangat terbantu, dan sangat terasa manfaatnya. Bisa memenuhi kebutuhan pangan sendiri, mungkin untuk jangka panjangnya bisa kita perjual belikan,” pungkasnya. (rd/mg6)

Editor : Junior Williandro