KNPI Pusat
RAPAT : Abdul Azis sebagai Ketua Umum DPP KNPI hasil Kongres Borobudur diberhentikan melalui rapat pleno DPP KNPI yang dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2021 di hotel Lorin Sentul Bogor Jawa barat. IST

RADARDEPOK.COM – Kisruh kepengurusan KNPI terus berlanjut. Kali ini, Abdul Azis Ketua Umum DPP KNPI hasil Kongres Borobudur diberhentikan. Keputusan tersebut melalui rapat pleno DPP KNPI yang dilaksanakan di Hotel Lorin Sentul Bogor, Jawa barat, Jumat (12/3).

Abdul Azis dipandang tidak mengindahkan AD/ART sebagai konstitusi organisasi yang harus ditaati dalam setiap kebijkan dan pengambilan keputusan. Selain itu DPP KNPI praktis dua tahun ini vakum tanpa ada rapat-rapat baik ditingkat kepengurusan maupun konsolidasi dengan OKP sebagai pemilik sah KNPI sebagai wadah berhimpun.

Banyak tindakan yang dilakukan Abdul Azis sebagai Ketua Umum melenceng dari AD/ART sehingga melemahkan gerakan organisasi, diantaranya pemecatan pengurus DPP tanpa mekanisme pleno, pemecatan beberapa ketua DPD melalui video serta penunjukan PLT ketua DPD tanpa mekanisme yang jelas.

Ketua OKK DPP KNPI, Syam Tomogala yang bertindak sebagai Pimpinan rapat menyatakan, pemberhentian Abdul Azis sebagai Ketua Umum sudah sesuai AD/ART, dan pleno menunjuk Dian Assafri sebagai PLT Ketua Umum sampai dilaksanakan Kongres ataupun Kongres Luar Biasa.(rd)

Editor : Fahmi Akbar